Disdik Banjar Optimis Mampu Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar dan Mengajar

Martapura, InfoPublik - Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar menggelar Implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan maksud untuk memberikan gambaran dan informasi memahami dan melakukan Platform Merdeka Mengajar, di Hotel Delima Kertak Hanyar, Jumat (10/3/2023).

Kegiatan Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Anak Usia Dini dengan bermaksud untuk memberikan gambaran dan informasi tentang Implementasi Kurikulum Merdeka, Satuan Pendidikan Anak Usia Dini dapat memahami dan melakukan pendaftaran IKM melalui Platform Merdeka Mengajar.

Kepala Bidang PAUD,PNF dan Kesetaraan Jahriah menyampaikan, Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan agar satuan Pendidikan Anak Usia Dini dapat melakukan pendaftaran IKM melalui Platform Merdeka Belajar di Google Play dan juga melalui akun belajar.id dengan 3 opsi yaitu Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri berbagi sesuai dengan kesiapan masing-masing. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny mengatakan, pentingnya memberikan pelatihan atau sosialisasi kepada tenaga pengajar perihal Kurikulum yang akan diterapkan yaitu Kurikulum Merdeka Belajar dan Kurikulum Mengajar. 

*Kurikulum ini dapat memandu guru dan pengelola satuan PAUD dalam memfasilitasi program pendidikan berkualitas yang mendukung tercapainya tujuan pendidik," ujar Liana.

Dijelaskannya, Pada tahun Ajaran 2022/2023 dan 2023/2024 Kurikulum Merdeka menjadi salah satu opsi dapat dipilih oleh satuan pendidikan karena kurikulum merdeka memberi keleluasaan dan memudahkan pendidik menerapkan pembelajaran yang lebih mendalam, sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan focus penguatan karakter. 

Adapun peserta Sosialisasi sebanyak 45 orang berasal dari satuan PAUD yang mendaftar IKM dan Narasumber Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Prov. KalSel, SPNF SKB Kab. Banjar dan HIMPAUDI Kab. Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar