Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak Angkatan VI

Martapura, InfoPublik - Mengacu Kepada Permendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022 Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Tekhnologi Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak angkatan VI, di Grand Dafam Hotel Syariah Banjarbaru, Sabtu (3/9/2022).


Merdeka belajar merupakan kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan Pendidikan, harus kita sadari bahwa perubahan yang terjadi dalam kebijakan dihadapi para Pendidik kita di Kabupaten Banjar. 


Dengan Kurikulum merdeka sebuah jawaban atas tantangan masa kini. Kita tentu tidak ingin anak anak kita diajarkan dengan kurikulum masa dulu, karena itu tidak sesuai lagi dengan zamannya, penurunan kualitas pembelajaran akibat dampak pandemi Covid -19 semakin kita rasakan, oleh karena itu kurikulum merdeka diharapkan mampu mengatasi rendahnya kompetensi literasi dan numerasi siswa. 


Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Hj. Nane Andriande mengatakan, Implementasi Merdeka Belajar Merdeka Belajar merupakan terobosan Kemendikbud-ristek untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul melalui kebijakan yang menguatkan peran seluruh insan pendidikan. 


"Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran," jelas Nane.


Ditambahkan Nane, Landasan pemikiran pendidikan sebagaimana dikemukakan di atas berkaitan dengan dua hal yaitu kompetensi untuk menjadi warga negara Indonesia yang demokratis dan untuk menjadikan manusia unggul yang kreatif mencari solusi pemecahan masalah dan produktif menghasilkan sesuatu yang berguna bagi orang banyak di Abad 21.


"Demikian pula peserta didik Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan," pungkas dia. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar