Konferensi Kerja II PGRI, Plt Kadisdik : Peran PGRI Mendorong Implementasi Kurikulum Merdeka

Martapura, InfoPublik - Sebagai Organisasi perjuangan yang selalu siap menghadapi regulasi perubahan yang dinamis, peran nyata dan tindakan nyata dalam memajukan pendidikan adalah tugas mulia, merelakan jiwa raga untuk pendidikan, takdir menjadi pendidik, dan menjadi pendidik adalah sesuatu yang harus disyukuri. 


Hal tersebut diungkapkan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny saat menghadiri Konferensi Kerja II Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pengurus Cabang (Pengcab) Kecamatan Simpang Empat, di Aula KH. Kasyful Anwar Disdik Banjar, Martapura, Selasa (6/7/2022).


"Dengan pelaksanaan konferensi Kerja II PGRI Pengurus Cabang dengan tujuan dapat memberikan kontribusi dalam pencapaian mutu Pendidikan di Kabupaten Banjar. Peran aktif PGRI dalam mendorong Satuan Pendidikan untuk mengikuti Program regulasi kebijakan Pemerintah Sekolah Penggerak dan percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka,"ujar dia.


Dikatakan Liana Penny, PGRI sebagai mitra Dinas Pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan, sebagai Organisasi perjuangan, maka peran kebijakan Dinas Pendidikan, sesuai Visi Misi Bupati Banjar Maju, Mandiri dan Agamis, dengan tema Bangkit Guruku, Maju Negeriku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.


Konferensi Kerja II PGRI Pengurus Cabang Simpang Empat telah dilaksanakan sesuai Anggaran rumah tangga, dan menetapkan sejumlah rekomendasi dan perbaikan dari pelaporan keuangan, ada beberapa rekomendasi yang dihasilkan dalam sidang Rapat Pleno beberapa hal meliputi :


1. Melaksanakan Lingkar Belajar Guru, dengan mengangkat isu strategis dan Pemecahan


2. Melaksanakan pelatihan IKM baik yang mendaftar ataupun tidak mendaftar IKM, karena guru masih bingung dan tidak familiar dengan istilah IKM, dan Platform Merdeka Belajar 


3. Melakukan PAW (Pergantian Antar Waktu) Jabatan Wakil ketua, dalam hal ini diisi oleh Muktiarto,S.Pd dan Ketua Bidang Kaderisasi Organisasi Rizal Fuadi,S.Pd.


Dalam Kesempatan ini juga Plt, Kepala Dinas Pendidikan menyampaikan melalui PGRI Cabang Simpang Empat  memberikan penghargaan kepada guru dan Kepala Sekolah berprestasi dan berdedikasi tinggi. 


Prestasi bidang keagamaan Lomba Keagamaan MTQ Korpri Juara 1. Juara SDN Galam Rabah 4. Juara 1 Lomba Tahfidz Juz 30 dan juara 1 Lomba Kaligrafi Kaht Hiasan Mushab. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar