Kecamatan Paramasan Ikuti Penyuluhan Keamanan Pangan PIRT IKM

Paramasan, InfoPublik - Dalam rangka pelaksanaan Program perencanaan pembangunan industri di Kabupaten Banjar Tahun anggaran 2022.

Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar akan melaksanakan kegiatan penyuluhan keamanan pangan dalam rangka fasilitasi PIRT IKM Kabupaten Banjar dan pelayanan RKB Mobile ke kecamatan, bertempat di aula DKUMPP, Rabu (15/6/2022).

 Hadir dalam giatersebut Camat Kertak Hanyar Yudi Andea, dan semua perwakilan Kecamatan se-kabupaten Banjar .

Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati menyampaikan Keinginan Bupati disaat hari jadi Kabupaten Banjar nanti agar setiap kecamatan menampilkan produk unggulan yang ada di wilayah Kecamatan masing masing dalam acara bazarnya.

Selanjutnya dikatakan agar para camat menyampaikan kepada semua Pambakal yang ada di wilayahnya supaya mendata para pelaku usaha UMKM untuk di buat kan ijin  PIRT, ijin usaha, ijin halal, dan di bimbing bagai mana cara membuat kemasan produknya supaya jadi lebih menarik. 

"Program Kurma manis juga merupakan bantuan untuk Pelaku usaha UMKM berupa Pinjaman uang untuk Modal usaha, Rp 5 juta tanpa agunan dan Rp 10 juta harus ada surat pernyataan di atas Materai sanggup membayar, kemudian diberikan rekomendasi oleh kepala dinas Disperindag untuk dicairkan uangnya,"jelas dia.

Ditambahkannya, kalau para pelaku usaha UMKM lelah memiliki legalitas yang cukup maka Disperindag berjanji akan menggandeng Alfamart dan Indomart untuk bisa membantu memasarkan hasil Produk Unggulan dari semua Kecamatan se Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade Paramasan/Disransyah).


Komentar