Kecamatan Paramasan Ikuti Bimtek Kemampuan Pengelolaan Inovasi Daerah

Paramasan, InfoPublik - Dalam rangka meningkatkan kemampuan, kwalitas dan kinerja penyelenggara Pemerintahan Daerah terkait inovasi Daerah maka Bappedalitbang Kabupaten Banjar mengadakan Bimbingan Teknis tentang Pengelolaan Inovasi Daerah "Banjar Berenovasi'.

Bimtek tersebut diikuti oleh semua kepala SKPD se Kabupaten Banjar yang dilaksanakan di Hotel Aston, Rabu (26/10/2022).

Narasumber DR. Basuki dari Uniska Banjarmasin menyampaikan tujuan Inovasi diantaranya adalah Peningkatan Pelayanan publik, Pemberdayaan dan Peran serta masyarakat dan Peningkatan daya saing Pemerintah daerah.

Dari Kecamatan Paramasan hadir Disransyah Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan dari Puskesmas Paramasan hadir Afdal Yumansyah, Nirmala Sari dan M.Irfan.

Selanjutnya Doktor Basuki menyampaikan tentang Hak kekayaan intelektual yang berkaitan dengan karya cipta seseorang. 

"Kalo sudah di hak ciptakan maka dilarang mengadopsinya kalo tanpa seijin pemilik hak ciptanya. Hak cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah ciptaannya diwujudkan dalam bentuk konkrit yang sesuai dengan undang undang," imbuh dia.

Narasumber dari Kementerian dalam negeri Yoga Bimasakti  bidang penyusunan bahan penyelenggaraan litbang menyampaikan secara global Bahwa jenis dan bentuk inovasi itu diantaranya adalah Inovasi tata kelola Pemerintah Daerah dan  inovasi Pelayanan Publik, kemudian bentuk inovasinya adalah melalui digital dan non digital.

Pada akhir acara Ketua TP PKK Banjar Hj Nurgita Tiyas menyampaikan teruslah berinovasi namun janganlah lupa bahwa Inovasi yang sedang berkembang harus selalu dilakukan Evaluasi. (IP Kab. Banjar/Brigade Paramasan Disransyah)


Komentar