Kecamatan Gambut Turut Serta Meriahkan PKJ 2023

Gambut, InfoPublik - Dalam rangka Pelaksanaan Pekan Keselamatan Jalan (PKJ) Tahun 2023 Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Balai Pengelolaan Transportasi Darat Kelas II Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan Jalan Santai, Senam Bersama, Talk Show, Safety Riding, Photo dan Video Contest, penampilan dan penyerahan hadiah Juara  Senam Sabar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD), pengecekan kesehatan gratis dan hiburan.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang berskala nasional, dan tema kegiatan tahun ini adalah, We Demand Safe and Sustainable Mobility," dan Program ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keselamatan dan kenyamanan berlalu lintas dan penggunaan transportasi aktif.

Sedangkan tempat di Terminal Tipe A Gambut Barakat yang beralamat di Jl. A. Yani KM 17 Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Sabtu (9/9/2023).

Dalam Talk Show Balai Pengelolaan Transportasi Darat Kelas II Kalimantan Selatan Zulmardi menjelaskan dan mensosialisasikan serta mengedukasi tata cara berlalu lintas pentingnya selamat di jalan raya.

Dijelaskan juga bahwa sosialisasi disampaikan ke sekolah-sekolah dengan harapan tumbuh kesadaran tata cara berlalu lintas pentingnya selamat di jalan raya sedini mungkin.

Untuk mengurangi pencemaran udara Zulmardi menekankan untuk mengurangi  penggunakan kendaraan pribadi dan beralih ke kendaraan umum. Dan opsi lainnya adalah menggunakan kendaraan listrik.

Tambahnya lagi hendaknya pemerintah pusat dan pemerintah daerah mengimbangi dengan perundangan yang harus seiring dengan perkembangan teknologi transportasi.

Terakhir Zulmardi mengajak, Mari kita manfaatkan Banjar Bakula selain murah,  waktu tunggunya cuma sebentar.

Dipuncak acara diserahkan hadiah-hadiah diantaranya penyerahan hadiah Juara  Senam Sabar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD), dan Kecamatan Gambut Juara 3 yang diraih oleh SDN 1 Gambut. Bersama SD Sabilal Muhtadin Banjarmasin sebagai juara 1 dan SDN 1 Loktabat Utara Juara 2. Sedang Juara Harapan 1 diraih SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin.

Dalam acara Pakan Keselamatan Jalan hari ini hadir banyak tokoh dan pejabat diantaranya, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Habib Aboe Bakar Al-Habsyi, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Kapolda Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam acara banyak hadiah yang dibagikan dalam kegiatan, dengan 11 hadiah utama, 1 kulkas, 5 mesin cuci dan 5 TV. Dari Kecamatan Gambut diundang dan turut hadir Hairudin dan istri, Babinsa Kelurahan Gambut Sertu Warsito dan keluarga, dan perwakilan dari Polsek Gambut. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar