Tanggulangi Dampak Kemarau, Kecamatan Gambut Tingkatkan Kerjasama

Gambut, InfoPublik - Tingkatkan kewaspadaan terkait musim kemarau yang melanda wilayah Kabupaten Banjar khususnya kecamatan Gambut yang membuat sebagian wilayah terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah kecamatan Gambut menggelar Rapat Koordinasi bersama Forkopimcam serta Pambakal dipimpin langsung Camat Gambut Ahmad Fauzan, di Aula kantornya, Selasa (26/9/2023).

Ahmad Fauzan dalam hal ini meminta para pambakal dan perangkat desa untuk mengimbau warganya agar membersihkan sekitar rumah dan bangunan untuk meminimalisir musibah kebakaran.

"Bila terjadi bencana segera laporkan Kepala Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan di desa/ kelurahan dan lalu langsung ke petugas kecamatan dan lanjutkan laporan secara tertulisnya. Pihak Kecamatan meneruskan kepada Pemerintah Kabupaten Banjar," jelasnya.

Kanit Bimas Polsek Gambut I Ketut Sukarta mengajak bersama-sama bahu membahu bekerjasama menangani permasalahan keadaan musim kemarau ini.

"Kami standby di lapangan saat ini berjaga mengamankan karhutla di area SMA Banua," ujarnya.

Menurut perwakilan Danramil 1006-08 Ahmad Bataud Syamsuddin, ia dan anggota lain terkadang menunggu sampai pagi dan siang di cek lagi. Waspadai kelangkaan air bersih dan Ispa.

"Pihaknya minta bantuan dan berkoordinasi pihak desa/ kelurahan mencari titik sumur untuk mengatasi keadaan kemarau ini," pintanya.

Lanjutnya, untuk solusi lainnya Camat Gambut meminta desa kekurangan air laporkan melalui WA lalu diikuti administrasinya, lalu menentukan dimana titik kumpul dan berapa jumlah Kepala keluarganya. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar