Kemampuan Terus Diasah, Anggota BPD Gambut Ikuti Peningkatan Kapasitas

Gambut, InfoPublik - Berbagai ikhtiar dan upaya untuk meningkatkan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) senantiasa dan secara terus menerus dilakukan Pemerintah Kecamatan Gambut.

Hal tersebut diungkapkan Camat Gambut Ahmad Fauzan saat membuka Peningkatan Kapasitas Anggota BPD, di Aula kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, Kamis (28/3/2024).

"Ini merupakan implementasi dari Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa dengan Regulasi turunannya di level Kabupaten berupa Peraturan Daerah Kabupaten Banjar Nomor 12 Tahun 2018 tentang Badan Permusyawaratan Desa," ujarnya.

Ia berharap semua peserta bisa memahami, memaknai serta punya interpretasi dan persepsi yang sama terhadap Tugas dan Fungsinya, terlebih kaitan dengan Perencanaan Pembangunan Desa yang disusun bersama Pemerintah Desa.

Menurut Kasi Pemerintahan Syahrani kegiatan ini dilaksanakan mengingat BPD merupakan salah satu Lembaga Kemasyarakatan Desa yang mempunyai tugas dan fungsi sangat penting dan strategis di Desa. Hingga kemampuannya perlu terus diasah dan ditingkatkan baik pengetahuan, ketrampilan, wawasan bahkan sikap. agar benar-benar menjadi mitra sejajar dan strategis bagi Pambakal dalam bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan Masyarakat.

"Mengutip pendapat Pakar Manajemen George R. Terry, bahwa setiap organisasi pada level manapun melaksanakan Fungsi Manajemen meliputi Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Penggerakkan) dan Controlling (Pengawasan). Pada bagian ini BPD melaksanakan Fungsi Perencanaan dan Pengawasan," katanya.

Tenaga Ahli (TA) di Kabupaten Banjar Dian Patriatmini Utami menyampaikan bahwa Anggota BPD wajib mengetahui dan memahami esensi dan substansi dari instrumen perencanaan seperti RPJMDes, RKPDes dan RAPBDes. Dan dalam membuat perencanaan harus memperhatikan dan memahami potensi, masalah, program dan tujuan yang ingin dicapai.

Peserta kegiatan Ketua/Wakil Ketua, Sekretaris dan 2 orang Ketua Bidang dari BPD semua Desa se Kecamatan Gambut. Kegiatan ini digelar berkat kerja sama dan dukungan penuh dari PD dan PLD Kecamatan Gambut yang dimotori oleh Koordinator Pendamping Iswara Wahyuni. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar