Disdik Gelar Bimtek Pengawas, Penilik dan Pamong Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik - Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengetahuan dan peningkatan Kompetensi kepada para Pengawas, Penilik, dan Pamong Bidang Paud PNF dan Kesetaraan, di Hotel Treepark Kec Kertak hanyar selama tiga hari 13-15 Maret 2023.3.15

 

Kepala Bidang PAUD, PNF dan Kesetaraan Jahriah, Rabu (15/3/2023) menfatakan Kegiatan ini dilaksanakan untuk penguatan mutu para pengawas, penilik dan pamong pada pendidikan anak usia dini yang membantu pemerintah dalam mensosialisasikan kebali materi yang diperoleh terutama terkait peraturan - peraturan atua perundang undangan yang trend berlaku untuk kemajuan dunia pendidikan salah satunya adalah implementasi Kurikulum Merdeka. 

 

Kebijakan dan Penerapan Kurikulum Merdeka dan Proyek Penguatan profil Pelajar Pancasila yang dirancang untuk memperkuat upaya pencapaian kompetensi da karakter berdasarkan Standar Kompetensi Kelulusan,” ujar Jahriah.

 

Dijelaskannya, mengikuti Peraturan Undangan Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 tahun tahun 2022 tentang standar Kompetensi Kelulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Peraturan Permendikbudristek Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/H/KR/2022 tahun 2022 tentang capaian pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Pertama. 

 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny meyampaikan, Sebagai perpanjangan tangan Dinas Pendidikan, saat ini pengawas dan penilik dapat membantu dan mendampingi guru-guru, pengelola PKBM dan tutor untuk mendaftar IKM dan menggunakan Paltform Merdeka Mengajar. 

 

Pelaksanaan kegiatan Bimtek ini beserta hasil yang diharapkan tentunya searah dengan apa yang diamanatkan Undang-Undang dan Kemampuan kompetensi pengawas, penilik dan pamong harus terus menerus diasah, digali dan dibagi karena ilmu pengetahuan tidak ada hentinya bereaksi terhadap perubahan, tutup Liana.

 

Peserta terdiri dari Pengawas TK sebanyak 11 Orang, Penilik 13 Orang dan Pamong sebanyak 6 orang, Narasumber berasal dari Balai Penjamin Mutu Pendidikan Kalimantan Selatan, Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Selatan. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar