Luar Biasa, Kabupaten Banjar Sabet Tiga Penghargaan Proklim dari Kementerian LHK


Jakarta, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar menerima penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) Tahun 2023 di gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Berdasarkan keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK.1090/MENLHK/PPI/PPI.1/10/2023 tanggal 13 Oktober 2023 telah ditetapkan penerima Penghargaan ProKlim Utama dan Lestari, serta Apresiasi Pembina ProKlim dan Pendukung ProKlim.

Mewakili Bupati Banjar Kepala DPRKPLH Kabupaten Banjar Mursal mengatakan penghargaan ProKlim ini sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas peran aktif Kabupaten Banjar, Pemerintah Desa dan para pihak dalam penguatan aksi lokal pengendalian perubahan iklim ditingkat tapak.

"Alhamdulillah Tahun ini Kabupaten Banjar menerima 3 (tiga) Penghargaan ProKlim sekaligus, yakni Piagam Apresiasi Pembinaan ProKlim Tingkat Kabupaten, Trophy ProKlim Lestari dan Trophy ProKlim Utama," ucap Mursal.

Menurut Mursal, Program Kampung Iklim saat ini menjadi salah satu agenda prioritas dunia termasuk Indonesia karena memberikan dampak yang luas bagi berbagai aspek kehidupan dan menjadi ancaman bagi keberlangsungan kehidupan di bumi.

" Diharapkan program ini sebagai upaya mengurangi laju kenaikan temperatur bumi dan penanganan bencana akibat perubahan iklim memerlukan upaya kolektif seluruh pihak menuju terwujudnya pembangunan rendah emisi gas rumah kaca dan berketahanan iklim, khususnya di wilayah Kabupaten Banjar," ungkapnya.

Adapun penerima Piagam Apresiasi Pembinaan ProKlim Tingkat Kabupaten berjumlah 42 penerima, Penerima Trophy ProKlim Lestari berjumlah 26 penerima dan Penerima Trophy ProKlim Utama berjumlah 55 penerima dari seluruh Indonesia.

Hadir juga mendampingi Nur Aina Kabid P2KLH bersama Khaezar Kasi KSDAPLH serta Abdurrosad Sekdes Mandikapau Timur. (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KLH)


Komentar