Banjar Raih Peringkat II Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi Tingkat Provinsi

Martapura, InfoPublik - Pasangan suami istri asal Kabupaten Banjar, Muhammad Haitami Aqli dan Rani Anggraini berhasil meraih juara kedua pada Pemilihan Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2023.

Kabid Kepemudaan Disbudporapar Kabupaten Banjar, Syawli Syahri, Kamis (23/2/2023) mengungkapkan kebanggaannya atas keberhasilan Kabupaten Banjar yang mampu menempatkan 2 pasangan muda dalam babak akhir Final pemilihan pasangan muda inspiratif dan berprestasi di tingkat provinsi.

"Kegiatan ini diadakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) selama empat hari, dari tanggal 20-23 Februari 2023," ujar Syawli.

Syawli juga menyampaikan, Pemilihan pasangan muda inspiratif dan berprestasi adalah bentuk apresiasi Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan dan penghargaan kepada pasangan muda yang memiliki kehidupan keluarga kecil yang bahagia, sejahtera, dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar.

"Para pasangan muda harus mampu mengembangkan kepemimpinan, meningkatkan kecakapan, keterampilan dan kemampuan dalam mengatasi permasalahan, menanamkan kesadaran akan tugas dan tanggung jawab sebagai calon pemimpin masa depan," ucap dia.

Melalui pemilihan pasangan muda inspiratif ini, Syawli berharap bisa menjadi ajang pembinaan, bagi pasangan muda yang nanti bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi pasangan muda lainnya.

"Sebelum tahap penulaian mereka juga dibekali pengetahuan terkait isu isu aktual seperti memberikan makanan bergizi agar anak tidak stunting dan juga tidak melakukan pernikahan dini," tutur dia.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan Hermansyah, bahwa 3 pasangan muda yang juara ini nantinya akan mewakili Kalsel pada ajang pemilihan pasangan muda inspiratif dan berprestasi di tingkat nasional yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Jadi setelah ini, akan terus dilakukan pembinaan guna memperkuat karakter dan inovasi mereka pada saat mengikuti pemilihan pasangan muda inspiratif tingkat nasional,” ungkap Hermansyah.

Adapun Pasangan Haitami dan Rani yang berdomisili di Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Sungai Tabuk ini menggagas program inspiratif di bidang literasi edukatif berjudul "Penguatan Pendidikan Karakter melalui Literasi dan Mainan Edukatif", yakni dengan membuat wadah platform berbasis web untuk para penulis buku dan juga untuk pembaca buku yang diberi nama "Ruang Karya".

Dengan adanya platform ini bisa dilakukan aktivitas membaca dan menulis kapan saja dan di mana saja secara online, selain itu juga bagi para penulis bisa mendapatkan penghasilan dari platform ini, jika setiap ada pembaca yang membaca ceritanya, penulis akan mendapatkan fee.

Sementara Wakil Kabupaten Banjar lainnya, pasangan Huda dan Hikmah yang bertempat tinggal di Kelurahan Keraton, Kecamatan Martapura mengusung program inspiratif "Edukasi Konsumsi Sayur dengan Story Telling dan Produk Praktis Sayur Potong".

Adapun peserta yang meraih Juara yaitu juara 1 diraih pasangan muda dari Kabupaten Tanah Laut Rudi Cahyo Purnomo dan Nur Wulan, Juara 2 diraih Muhammad Haitami Aqli dan Rani Anggraini dari Kabupaten Banjar, Juara 3 Muhammad Sadik dan Asnawati dari Kabupaten Balangan.

Juara 4 diraih Sarip Hidayatullah dan Agnes Lusiana dari Kabupaten Tanah Bumbu, Juara 5 diraih Ahmad Riduan dan Monalisa dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah, serta Juara 6 diraih Muhidin Huda dan Nurul Hikmah dari Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar)


Komentar