Jempol Pelanduk Hadir Layani Warga Desa Artain

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (disdukcapil) lakukan Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan (Jempol Pelanduk) ke Desa Artain Kecamatan Aranio, Kamis (25/5/2023).

Kegiatan Jempol Pelanduk ini dilaksanakan selama dua hari dari 24-25 mei 2023 bertempat di balai desa dengan tujuan mendekatkan pelayanan dan mempercepat penerbitan dokumen yang langsung diserahkan kepada masyarakat.

Rishan Deny Setiawan selaku koordinator mengatakan pelayanan jempol hari pertama dan kedua tampak antusiasme warga desa Artain datang silih berganti  mengurus dokumen kependudukan bahkan sampai larut malam. 

"Ya, tak disangka masyarakat disini begitu semangat mengurus dan melengkapi berkas, terlihat beberapa warga bolak-balik rumah membawa kelengkapan persyaratan demi mendapatkan dokumen kependudukannya," ucap Rishan.

Lanjutnya, Tak hanya itu, perangkat desa pun tidak kalah semangat membantu petugas jempol memberikan informasi terkait pelayanan kepada warganya.

Solpiqurrahman Kepala desa Artain juga menyampaikan rasa terima kasih kepada tim Jempol pelanduk karena melihat antusias warganya dalam memanfaatkan inovasi pelayanan dari disdukcapil.

"Program Jempol ini sangat membantu dalam percepatan mendapatkan dokumen kependudukan warga, harapannya agar pelayanan ini terus dilaksanakan khususnya bagi kami yang berada di pelosok, akses yang jauh dan perlu biaya lebih membuat kami agak kesulitan untuk datang ke Martapura," ungkap Solpiq.

Senada dengan hal tersebut Jabir warga desa Artain menuturkan sangat merasa terbantu dalam mendapatkan KTP elektronik langsung dilayani di tempat.

"Kalau ke Martapura selain jarak biaya yang disiapkan juga cukup besar,  dengan kedatangan disdukcapil ke desa sungguh meringankan kebutuhan mendapatkan dokumen kependudukan kami," tutur Jabir.

Selanjutnya disdukcapil akan terus mengevaluasi dan terus berinovasi meningkat hasil yang maksimal dari program Jempol Pelanduk ini dan kedepannya merencanakan merambah desa-desa ujung dengan tujuan memberikan pelayanan yang baik agar masyarakat kabupaten Banjar terpenuhi dalam kelengkapan administrasi kependudukan. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdukcapil)


Komentar