Pasar Taibah Martapura Terbakar, 26 Toko Ludes Dilalap Api

Martapura, InfoPublik - Musibah kebakaran kembali terjadi di pasar tradisional pertokoan Taibah, Jalan Sukaramai, Kelurahan Murung Keraton, Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar, Rabu (25/11/2023) sore hari.


Akibat musibah tersebut yang terbakar pertokoan di Blok A. Total 26 toko yang terbakar. 19 rusak berat dan 4 rusak sedang 3 rusak ringan.

Kepala Bidang Pemadaman Penyelamatan dan Sarpas M Kasyaf mengatakan pihaknya mendapatkan laporan kebakaran pukul 16:50 Wita melalui freq 690. Atas laporan tersebut langsung menurunkan petugas menuju lokasi menggunakan 1 unit fire truk 102  dan truk 103 untuk suplay pemadaman.

"Petugas DPKP Kabupaten Banjar beserta puluhan unit relawan BPK berjibaku memadamkan. Posisi pertokoan cukup rapat antar depan dan belakang," ucap Kasyaf.

Dua jam lebih, diungkapkan Kasyaf api akhirnya dapat benar dipadamkan.

Ia menambahkan, kebanyakan toko yang terbakar adalah toko sembako dan makanan ringan. Tiap toko berukuran 4 X 2 meter dan bangunan atap terbuat dari kayu.

Rapatnya pertokoan membuat api cepat menjalar ke toko lainnya. Hingga kini belum diketahui penyebab pasti dari kebakaran tersebut, namun menurut saksi api dimulai dari toko Hj. Maryam dan masih dalam penyelidikan aparat berwajib.

“Untuk penyebabnya belum diketahui, masih dalam penyelidikan,” terangnya.

Sementara itu Gusti Andre menyampaikan kami atas nama Perumda Pasar Bauntung Batuah mengucapkan ribuan terima kasih kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) PSC, PMI dan PSC serta semua unsur yang terlibat dalam proses pemadaman kebakaran yang terjadi di pasar.(IP.KAB.BANJAR/BRIGADE/DPKP/REGU123/SAY17) 


Komentar