Destinasi Akhir Sosialisasi Pengelolaan Sampah, DPRKPLH Sambangi Telaga Bauntung

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah di kecamatan Telaga Bauntung, Selasa (14/11/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan pada 20 kecamatan se-Kabupaten Banjar. Telaga Bauntung menjadi rangkaian terakhir bagi DPRKPLH melaksanakan  sosialisasi sampah.

Kasi Kemitraan Pengelolaan Sampah H Betung mengajak masyarakat Telaga Bauntung untuk ikut mendukung kegiatan pilah sampah dari rumah sebelum diserahkan ke TPS. Untuk sampah yang masih bisa dimanfaatkan, dipersilakan untuk ditabung ke Bank Sampah.

"Bank Sampah merupakan salah satu strategi dalam upaya mengurangi sampah yang masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Jadi, sampah-sampah yang masuk ke TPA hanya sampah residu yang memang tidak dapat dimanfaatkan lagi," jelasnya.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat merubah paradigma sampah dari "membuang sampah" menjadi "memanfaatkan sampah" serta memahami bahwa sampah dapat bernilai ekonomis. (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KL/Syam/PSLB3)


Komentar