Hasil Perkebunan Rempah di Dusun Bintangai Paramasan Melimpah Ruah

Martapura, InfoPublik - Kunjungi Dusun Bintangai Desa Paramasan Bawah, Rabu (29/6/2022) Camat Paramasan Usman pantau lokasi perkebunan warga yang hasil bumi rempah melimpah.

Adapun hasil bumi yang mereka miliki di antaranya Keminting kulit, keminting kupas, kayu manis dan jengkol.

Usman mengatakan perkebunan rempah ini merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat Paramasan, di mana kondisi lokasi yang sangat subur untuk di tanami.

Sementara warga Murnah mengatakan keminting  ini hasil panen sendiri kemudian diolah menjadi keminting kupas.

"Mayoritas warga disini mata pencaharian nya di perkebunan keminting, kayu manis, jengkol dan bertani palawija,"kata dia.

Dijelaskannya, untuk keminting kupas dan kayu manis tidak bisa bertahan lama kalo disimpan karena akan timbul jamur sehingga tidak laku lagi untuk dijual.

"Dalam bulan ini warga setempat sangat kesulitan sekali untuk menjual hasil panen mereka dikarenakan hujan terus menerus yang mengakibatkan jalan dan jembatan menjadi rusak semua bahkan ada beberapa jembatan yang runtuh,"jelas dia.

Lebih lanjut, Camat Paramasan Usman mengungkapkan hasil panen mereka banyak yang menumpuk di teras rumah karena tidak terjual. Jangankan untuk menjual hasil panen untuk mengantar anak sekolah pun mereka tidak bisa.

Ia juga mengucapkan rasa simpatinya atas musibah yang terjadi dan berjanji setelah kunjungan ini akan segera melaporkan musibah tersebut pada Dinas terkait, Bupati Banjar dan Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, mudahan akan sesegera mungkin dilakukan perbaikan akses jalan menuju ke semua Desa yang ada.

Pada kunjungan tersebut hadir Sekcam Farid, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Disransyah dan Tokoh masyarakat/Agama guru Fani. (IP Kab. Banjar/Brigade Paramasan/Disransyah)


Komentar