H. M Hilman Sampaikan Inovasi Desentralisasi Pemkab Banjar Dalam Seminar FISIP Brawijaya

Martapura, InfoPublik - Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Dr. Ir H Mokhammad Hilman , ST MT menjadi narasumber dalam acara Seminar Desentralisasi dengan tema " Inovasi Pemda Kabupaten Banjar Dalam Mengoptimalkan Desentralisasi " yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik ( FISIP ) Brawijaya  melalui Zoom Meeting di Command Center Barokah Rabu 31 / 03 pagi.

Dengan menghadirkan Dosen pengampu Mukhtar Aboodin, KA Prodi Studi Ilmu Pemerintahan PPHI FISIP UB Dr Dra Alifiulahtin Utaminingsih serta selaku moderator Dosen Ilmu Pemerintahan FISIP UB Ratnaningsih Damayanti . 

Dalam pemaparannya dihadapan  peserta seminar , Sekda Banjar H Mokhamad Hilman menjelaskan beberapa inovasi desentralisasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar diantaranya Mall Pelayanan Publik , Stadion standar  nasional , Sanitasi perubahan budaya MCK di sungai , Pemerintahan dan kearifan lokal ( program yang berbasis kehidupan religius dan Lingkungan Hidup dan Kebersihan kota Martapura peraih 8 kali Piala Adipura . 

" Terkait inovasi Pemerintahan dan Kearifan Lokal, Kabupaten Banjar yang memiliki corak religius menjadi landasan dalam perencanaan 
Pembangunan daerah . Ini adalah upaya mengutamakan ciri khas masyarakat . Tanpa Desentralisasi pandangan masyarakat yang religius tidak mudah diwujudkan dalam pemerintahan ," jelasnya . 

Sementara itu dalam keterangannya tentang Mall Pelayanan Publik tempat berlangsungnya pelayanan publik ,  Sekda Banjar mengatakan saat ini ada 23 Instansi dengan 213 dengan layanan berbagai fasilitas . Semua itu dikatakan beliau untuk membantu dan memudahkan masyarakat dalam hal mengurus berbagai keperluan dalam satu tempat . 

" Saya harap dengan penjelasan yang diutarakan tadi bisa membantu para mahasiswa untuk mengetahui dan mengenal lebih jauh tentang inovasi desentralisasi yang dilakukan Pemkab Banjar . Serta ada keinginan dari peserta untuk melakukan kunjungan melalui kajian ilmiah dan penelitian  buat perbaikan inovasi kedepannya ," harapnya.(Rptr/puad/Hendra/Kominfobanjar)


Komentar