Festival Becatuk Dauh 2023 di Kabupaten Banjar Siap Kembali Digelar

Martapura, InfoPublik - Setelah 2 tahun terakhir tidak menggelar festival bedug. Akhirnya pada tahun 2023 Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar akan kembali menggelar Lomba Festival Bedug dengan nama "Lomba Becatuk Dauh 2023".

Menyikapi hal tersebut Disbudporapar Banjar melaksanakan Technical Meeting (TM) di Aula Kantornya, Martapura, Jumat (17/3/2023).

Adapun peserta yang mengikuti sebanyak 26 grup becatuk dauh dari berbagai wilayah di Kabupaten Banjar.

Kegiatan TM ini dihadiri Kepala Bidang Kebudayaan Tisnohari Harimurti, Kasi Kesenian Hj. Maghrisya serta para dewan juri yang akan menilai dalam lomba tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Tisnohadi memberikan penjelasan mengenai kegiatan yang akan diselenggarakan oleh Disbudporapar yaitu Lomba Becatuk Dauh 2023. 

"Lomba akan dilaksanakan selama 3 hari yaitu 20, 21, 22 Maret 2023 untuk Babak Penyisihan dan Grand Final pada malam 21 Ramadan 1443 H yaitu 11 April 2023. Peserta lomba merupakan Grup Becatuk Dauh yang ada di Kabupaten Banjar," papar Tisnohadi.

Dijelaskan Tisno, tentang rencana kegiatan yang awalnya akan dilaksanakan pada Bulan Ramadan berubah menjadi lebih awal sebelum Ramadan karena ada arahan dari Pimpinan. Begitu juga dengan jadwal Grand Final  yang biasanya dilaksanakan pada malam Hari Raya Idulfitri berubah menjadi malam 21 Ramadan. Dengan dilaksanakannya perlombaan sebelum Ramadan maka para peserta lebih leluasa untuk menampilkan kemampuannya.

Pada kesempatan tersebut, Tisno juga menjelaskan tentang tujuan Technical Meeting ini yaitu teknis penyelenggaraan, kriteria penilaian serta aturan-aturan yang harus disepakati dan diperhatikan yang nanti akan disampaikan oleh narasumber / juri perlombaan.Para peserta juga akan diberikan kesempatan untuk tanya jawab dan diskusi mengenai teknis perlombaan. (IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar)


Komentar