DPRKPLH Banjar Ajak Desa Pematang Danau Masuk ProKlim

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar Kembali melaksanakan Sosialisasi Program Kampung Iklim (ProKlim) dan Penguatan Kapasitas Masyarakat Dalam Mititasi dan Adaptasi Perubahan Iklim, di Desa Pematang Danau Kecamatan Mataraman, Senin (4/9/2023)

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Nur Aina menyampaikan sosialisasi ProKlim ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai perubahan iklim dan dampak yang ditimbulkannya sehingga seluruh masyarakat mau berupaya untuk melaksanakan aksi mitigasi nyata yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim sekarang.

Menurut Aina, guna memperkuat dan meningkatkan kualitas pelaksanaan ProKlim, maka pendaftaran ProKlim Tahun 2023 diintegrasikan dengan data Sistem Informasi Data Indeks Kerentanan (SIDIK) dan Sistem Perhitungan Reduksi Emisi GRK secara Cepat Tepat dan Responsible untuk Masyarakat (SPECTRUM). 
 
Pihak Desa diwakili oleh Sekdes Pematang Danau yang menyambut dengan gembira dipilihnya desa Pematang Danau sebagai calon Desa Proklim yang akan didaftarkan pada Sistem Registry Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN PPI)

Dalam Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pembina Desa ProKlim dari Bank Sampah Kelurahan Sekumpul yang memaparkan pengelolaan sampah mulai dari sumbernya dan Desa Padang Panjang memberikan pengenalan bahasa isian pada lembar exel ProKlim yang ada dan sudah menerima manfaat dengan mengikuti kegiatan ProKlim serta sudah mendapatkan Trophy ProKlim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup yang diserahkan langsung oleh Menteri Siti Nurbaya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Sosialisasi ini mampu menjadikan desa lebih baik lagi sehingga terwujudnya Kabupaten Banjar Maju Mandiri dan Agamis (Manis).

Sosialisasi ProKlim ini hadiri oleh Aparat Desa, BPD, Ketua TP PKK dan Kader, serta Pembina Desa ProKlim dan tokoh masyarakat. (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KLH)


Komentar