DPRKPLH Banjar Ikuti Jambore Aksi Bersih Sungai

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan Jambore Aksi Bersih Sungai di desa Sungai Pinang Lama, Jum'at (24/2/2023).

Kepala Desa Sungai Pinang Lama mengatakan dalam setiap acara dan kesempatan selalu mengajak warganya untuk peduli terhadap masalah sampah.

"Dalam setiap kegiatan desa baik formal atau non formal ulun tidak bosan- bosannya selalu menghimbau warga untuk lebih peduli masalah sampah mungkin hasilnya tidak sekejap, beberapa tahun ke depan baru terlihat hasil," ujar dia.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Nur Aina mengatakan akan mengajak para pegiat dan Pembina Program Kampung Iklim untuk melaksanakan pembinaan di desa Sungai Pinang Lama sebagai salah satu desa binaannya.

Ditambahkannya Kegiatan program kampung lklim selain kegiatan Adaptasi juga ada kegiatan Mitigasi yang nantinya mengajak kelompok- kelompok masyarakat desa untuk lebih proaktif dalam membangun desa, sebagai contoh kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan dan kegiatan pemilahan sampah sebagai penghasilan tambahan.

"Proklim sebagai upaya Pemerintah Pusat dan daerah dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi dan Mitigasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca oleh pemerintah pusat dengan rencana capaian target 20.000 proklim di tahun 2024," tambah dia.

Hadir pada kegiatan jambore aksi bersih sungai ini Kasi PKL, Dinas Perikanan Provinsi, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Babinsa dan perangkat desa sungai Pinang Lama serta 3 orang staf dari bidang P2KL(IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/MuhibP2KL)


Komentar