DPRKPLH Sosialisasikan Lahan Kritis Pada DAS Barito di Kecamatan Astambul

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Lahan Kritis dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan Hidup pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Martapura di Aula Kecamatan Astambul, Rabu (8/11/2023).

Berdasarkan Peraturan Bupati Banjar No. 22 Tahun 2022 tentang uraian tugas Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup maka Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (P2KLH) melaksanakan kegiatan ini.

Pada Pasal 34 ayat 1 berbunyi Seksi Pengendalian Kerusakan Lingkungan mempunyai tugas melaksanakan dan memberikan bimbingan teknis, fasilitasi dan supervisi pengendalian kerusakan lingkungan.

Dalam kegiatan sosialisasi ini disampaikan 3 materi yang pertama oleh Aldha Alfian Noer Dwi pengendali ekosistem hutan dari BPDAS Barito yang menyampaikan mengenai Daerah Aliran Sungai secara umum dan permasalahan DAS di Indonesia, serta cara pemulihan lahan kritis, seperti penanaman pohon, pembuatan ekohidrolika (beronjong),

Materi yang kedua dari Yusanto Nugroho dosen fakultas kehutanan ULM menyampaikan bahwa
Astambul merupakan pertemuan dari riam kanan dan riam kiwa. Pertemuan 2 arus ini jika tidak dikeruk, maka akan terjadi banjir. Fluktuasi debit sungai riam kiwa termasuk besar, artinya kec. Astambul berpotensi banjir disaat musim hujan dan surut sekali di musim kemarau.

Materi ketiga terkait IKLH disampaikan oleh Nur Aina kabid P2KL bahwa Indeks kualitas air tercemar ringan, indeks kualitas udara baik, indeks kualitas lahan kab banjar 

Peningkatan IKLH diupayakan melalui gerakan penanaman pohon (menanam bersama manis), bagi desa yg ingin melakukan penanaman bisa bekerjasama dgn DPRKPLH dgn syarat menyediakan lahan utk penanaman. Kegiatan lain yg menjadi upaya adalah program pemulihan sungai martapura (bekerjasama dengan DLH Prov). Sampai pada tahun 2023 ini, desa yg dibina telah berjumlah 10 desa (6 desa th 2021-2022 dan 4 desa th 2023).

Kegiatan hari ini di hadiri oleh camat, Nur Aina Kabid P2KLH bersama Enny Kasi PKL, kapolsek, danramil dan 22 kepala desa serta aparat se Kecamatan Astambul. (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KLH)


Komentar