DPRKPLH Banjar Eksekusi Pohon Tumbang di Jalan Veteran

Martapura, InfoPublik - Mendapatkan informasi adanya pohon tumbang melalui Group WhatsApp, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar bergegas menuju lokasi di Jalan Veteran, Martapura, Jum'at (24/2/2023).

Berdasarkan laporan melalui aplikasi WhatsApp yang disampaikan kepada pengawas seksi Konservasi Sumber Daya Alam dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup tersebut yang berisi "mohon bantuan ada pohon tumbang lokasi di jalan veteran martapura dekat MTS NUR RAHMAN".

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (P2KL) Nur Aina dan Kepala seksi Konservasi Sumber Daya Alam dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup Yunida Rosniar langsung merespon.

"Iya segera lakukan eksekusi penebangan agar tidak membahayakan pengguna jalan," ujar Yunida.

Tim pemangkasan dan penebangan DPRKPLH Banjar bekerjasama dengan DPKP dibantu dari Polsek Martapura, PLN dan relawan dengan menggunakan truk sky lift serta menggunakan alat pemotong kayu pembersihan memakan waktu lebih dari 3 jam.

Berdasarkan informasi dari BMKG Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor menetapkan status siaga untuk 2 (dua) Kab/Kota hingga Sabtu 25 Februari 2023 nanti. Daerah itu berstatus siaga karena masih berpotensi diguyur hujan lebat dan berpotensi banjir. 

Yakni Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar Delapan daerah lainnya berstatus waspada. Yaitu Kab. Barito Kuala, Kab. Tanah Laut, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kab. Tanah Bumbu, Kab. Balangan, Kota Banjarmasin, Kab. Hulu Sungai Selatan dan Kab. Tapin

Daerah yang berstatus waspada ini dalam beberapa hari ke depan masih berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. "Terutama pada sore hingga malam hari,”

Cuaca ekstrem ini diakibatkan pengaruh dari gelombang Kelvin dan gelombang dengan low frecuency yang berpropagasi (merambat) ke arah timur dan mencakup wilayah Kalsel.

Masyarakat diimbau agar berhati-hati terhadap dampak hujan dan angin kencang yang dapat menyebabkan banjir, jalan licin, longsor, dan pohon tumbang. (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KL)


Komentar