DPRKPLH Dampingi Tim Verifikator ProKlim Lestari di Desa Mandikapau Barat

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar menerima kunjungan Tim Verifikasi Program Kampung Iklim (ProKlim) Lestari 2023 di Desa Mandikapau Barat Kecamatan Karang Intan, Jumat (8/9/2023).

Kepala DPRKPLH Banjar Mursal memaparkan secara detail kegiatan ProKkim yang sudah dilaksanakan oleh desa Mandikapau Barat hingga saat ini.

Senada apa yang disampaikan oleh Kepala DPRKPLH Pengusul desa ProKlim Abdul Basit menerangkan kondisi awal desa Mandikapau Barat yang dulunya sebagian pemukiman berada dipinggiran sungai, setelah ada proyek dari PLN maka pemukiman dipindahkan ketempat yang lebih tinggi.

Tim Verifikator yang diketuai oleh Ardiansyah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Balai PPI wilayah Kalimantan menjelaskan bahwa dalam penilaian ProKlim Lestari ada 6 (enam) poin yang dinilai yaitu minimal 3 tahun untuk penerima sertifikat Utama dan 2 tahun untuk penerima Trophy Utama, sudah membina minimal 10 desa, melaksanakan pengayaan kegiatan, melaksanakan penguatan kelembagaan, telah mendapatkan penghargaan tingkat provinsi dan telah menyusun rencana kerja lima tahunan.

Pada kegiatan verifikasi lapangan ProKlim Lestari ini juga diisi beberapa testimoni dari Mantan Camat Karang Intan yang mengikuti dari awal program kampung Iklim ini, serta 10 testimoni dari desa binaan Mandikapau Barat yakni, Penyambaran, Lihung, Jingah Habang Ulu, Padang Panjang, Kiram, Balau, Abirau,Mandiangin Barat, Mandikapau Timur dan Sungai Landas

Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Verifikator KLHK, Tim Pendamping dari DLH Provinsi, Kepala Dinas PRKPLH, Kabid P2KLH , Kasi KSDAPLH Camat Karang Intan dan Mantan Camat Karang Intan Aparat Desa Mandikapau Barat,  UPBB Bangun Sahabat dan 10 desa binaan dari desa Mandikapau Barat, serta perwakilan masyarakat desa(IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KLH)


Komentar