DPRKPLH Dampingi Desa Binaan Pendaftaran SRN-PPI

Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar menghadiri kegiatan sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) 2023 sebagai Pembina Proklim kabupaten bertempat di Perpustakaan Desa Indrasari Rabu (15/2/2023).

Hadir pada kegiatan sosialisasi ini Yunida Rosniar Kasi Konservasi Sumber Daya Alam dan Pemeliharan Lingkungan Hidup, Kepala Desa Indra Sari, Dua (2) orang dari Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) dan Perangkat Desa Murung Kenanga, Subgai Sipai, Pasayangan Selatan, Melayu Ilir, Bincau, Tambak Anyar Ilir, Tungkaran dan yang menjadi binaan dari desa Indrasari.

Dalam sambutan Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan diwakili Kasi KSDAPLH yang mengatakan bahwa Program Proklim merupakan Apresiasi dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas kegiatan Aksi yang sudah dilakukan oleh desa atau Komunitas pada tingkat tapak.

Ditambahkannya bahwa proklim merupakan program pemerintah yang berlingkup Nasional berdasarkan Permen LHK No.P84/MENLHK-SETJEN/KUM.1/11/2016 tentang Kampung Iklim yang dikelola KLHK  dalam rangka meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah". pungkas dia

Kegiatan ini laksanakan oleh  Pembina Proklim Desa Indrasari bekerjasama dengan DPRKPLH (Pembina Proklim Kabupaten),UPPB Bangun Sahabat desa mandikapau barat, Kelurahan Sekumpul, Desa Padang Panjang dan Jingah Habang Ulu sekaligus pendampingan Pendaftaran dan pengisian lembar data exel SRN-PPI.

Program Kampung Iklim merupakan program pemerintah pusat dengan rencana capaian target 20.000 kampung iklim di tahun 2024 sebagai upaya dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi dan Mitigasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.(IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KL)


Komentar