DPRKPLH Bersama Bank Sampah Daur's Sosialisasi Pengelolaan Sampah

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar laksanakan Sosialisasi Pengelolaan Sampah di kelurahan Mandarsari Kecamatan Kertak Hanyar, Selasa (3/10/2023).

Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan ini "Ayo Menabung Sampah Ke Bank Sampah" dengan tujuan masyarakat bisa membedakan mana sampah residu, mana sampah yang masih bisa di daur ulang dan bernilai ekonomis sehingga sampah bukan menjadi masalah tapi menjadi berkah.

Kepala DPRKPLH Banjar Mursal mengatakan jumlah Bank Sampah yang ada di kabupaten Banjar sebanyak 19 Bank Sampah dan perlu diperbanyak untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya memilah sampah dari sumbernya, selain itu mengubah pola pikir masyarakat dari membuang menjadi memanfaatkan.

Ditambahkannya pengelolaan sampah menjadi tanggungjawab bersama baik pemerintah, 
masyarakat dan pengusaha, sehingga perlu adanya kolaborasi aktif dari berbagai pihak agar permasalahan sampah dapat teratasi dengan baik. 

"Kami juga minta kepada masyarakat agar dapat mendidik anak sejak dini untuk memilah sampah," pinta Mursal.

Camat Kertak Hanyar Gusti M Noviar Hidayat berharap setiap kelurahan dan desa yang berada di wilayah kecamatan Kertak Hanyar dapat membangun dan memiliki minimal 1 (satu) Bank Sampah, agar tidak tergantung dengan TPA, sebab dengan mengoptimalkan pengelolaan sampah dapat mengurangi jumlah timbulan sampah. 

Kegiatan ini merupakan inisiasi Plh Kepala Bidang PSLB3 Bentung bersama Pemerintah Kelurahan Mandarsari bahu membahu dalam melaksanakan giat sosialisasi pengelolaan sampah ini untuk memotivasi masyarakat khususnya di wilayah kelurahan Mandarsari dan Kertak Hanyar pada umumnya untuk dapat memilah sampah mulai dari sumbernya dan rajin menabung sampah ke Bank sampah.

Kegiatan ini dihadiri Kecamatan Gambut, Kapolsek, Danramil Kertak Hanyar beserta Jajarannya, Kepala Puskesmas beserta 
TIM PHBS Kertak Hanyar, Kepala Desa dan Lurah beserta ketua TP PKK Desa/Kelurahan se Kertak Hanyar, Kepala Desa dan Lurah Gambut, Korwil Pendidikan Kertak Hanyar, Pimpinan Pelaku Usaha, Kepala Sekolah SMKN1, Gugus Paud, K3S, RS Mitra Kasih, Kader PKK Mandarsari, Ketua RT,RW, dan LPM Mandarsari, Dasawisma dan Warga masyarakat sebagai nasabah Bank Sampah Daurs Purna Praja.(IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KLH)


Komentar