Sosialisasi Proklim 2023 di Kecamatan Karang Intan

Martapura, InfoPublik – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar menghadiri kegiatan sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) 2023 bertempat di Aula Kecamatan Karang Intan, Rabu (8/2/2023).

 

Kegiatan ini laksanakan dan diprakarsai oleh para Pembina Proklim dari UPPB Bangun Sahabat yang berada desa Mandikapau Barat, Desa Padang Panjang, Indra Sari dan Jingah Habang Ulu dalam rangka jaring pembinaan desa Proklim di wilayah Kecamatan Karang Intan serta tahapan dalam menuju Proklim Lestari 2023-2024

 

Camat Karang Intan Muhammad Ilmi mengatakan bahwa perlu kita lihat potensi potensi dan kerentanan yang ada di desa masing-masing agar didapatkan analisa data adaptasi dan mitigasi yang sesuai dengan desa tersebut.

 

Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup Yunida Rosniar mengatakan Program Kampung Iklim adalah program pemerintah yang berlingkup Nasional berdasarkan Permen LHK No.P84/MENLHK-SETJEN/KUM.1/11/2016 tentang Kampung Iklim yang dikelola KLHK  dalam rangka meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

 

“Mudah mudahan dalam kegiatan sosialisasi proklim tahun 2023 ini oleh Pembina Proklim semakin banyak desa atau komunitas  yang mau mengikuti Proklim sebagai upaya dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi dan Mitigasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca oleh pemerintah pusat dengan rencana capaian target 20.000 proklim di tahun 2024,” pungkas dia.

 

Hadir pada kegiatan ini Kasi KSDAPLH serta Pembakal dan Perangkat Desa se-kecamatan Karang Intan. (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib)


Komentar