DPRKPLH Banjar Hadiri Pembukaan Program FFS Pelita di Desa Tiga A Simpang Empat

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar mengikuti kegiatan Pembukaan Program Farmer Field Shools (FFS) Pertanian untuk Livehood Kita Semua (Pelita) dan Penanaman 300 bibit Lengkeng New Krista  yang dilaksanakan di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) desa Tiga A Kecamatan Simpang Empat, Selasa (28/2/2023).

Program Farmer Field Shools (FFS) merupakan program sekolah lapang yang bertujuan membantu petani di Kabupaten Banjar untuk memanfaatkan kondisi iklim yang ada dalam bercocok tanam khususnya bagi petani yang berada di sekitar area operasional.

Dalam sambutannya Fahrian Camat Simpang Empat mengatakan kegiatan ini memang merupakan harapan kami karena sektor pertanian dan peternakan ini merupakan sektor yang mungkin nantinya bisa dikembangkan di wilayah kecamatan Simpang Empat.

Ditambahkannya harapan kepada para petani milenial ini nantinya setelah selesai dan terjun kelapangan tugasnya nanti tidak sekedar pada prospek bisnis saja tetapi mau menularkan ilmunya kepada warga masyarakat lainnya.

Dalam sesi wawancara Dinas PRKPLH yang diwakili oleh Nur Aina Kepala bidang Pengendalian Pencemaran  dan Kerusakan Lingkungan (P2KL) mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan Adaptasi (ketahanan pangan) Program kampung Iklim dari KLHK , FFS ini sebagai upaya pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten untuk berkolaborasi menciptakan petani - petani muda yang mampu serta dapat meningkatkan argo bisnis indonesia ini tetap lestari.

Ada sebanyak 6 Desa yang menjadi inisiatif dari PT Banjar Bumi Persada (BBP) bersama PT Mitra Agro Semesta (MAS) dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dengan 3 klasifikasi komoditi; Cabai, Padi Sayuran yakni; Desa Surian Hanyar, Pasiraman, Pematang Danau, Bawahan Selan, Mataraman, Lok Tamu dan Simpang Tiga.

Kegiatan ini dihadiri oleh  Balai Besar Latihan Pertanian, BAPPEDA, DKPP, P4S Patra Mandiri, program YESS Provinsi Kalimantan Selatan, PT PN XIII Danau Salak, PT PLN Persero, Forkompincam Kepala Desa Simpang Empat dan BPP Cintapuri.(IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KL)


Komentar