Penilaian Mandiri Kinerja PTSP dan PPB Pemda di DPMPTSP Banjar

Martapura, InfoPublik - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banjar menerima kunjungan dari Tim Verifikasi dan Validasi Lapangan Kementerian Investasi/BKPM dan Surveyor Indonesia terkait penilaian Kinerja PTSP dan PPB Pemda tahun 2023, di Mal Pelayanan Publik Barokah Kabupaten Banjar, Selasa (20/6/2023).

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 19 sampai 20 Juni 2023, dihadiri oleh Sekretaris DPMPTSP Kabupaten Banjar Muhammad Ikhsan dan Para Kepala Bidang DPMPTSP Banjar serta Operator Pengisian Penilaian Kinerja PTSP dan PPB Pemda tahun 2023. Adapun dari untuk Tim Verifikasi dan Validasi Lapangan Kementerian Investasi/BKPM dan Surveyor Indonesia diwakili oleh Defin Shahrial Putera.

Untuk Penilaian Kinerja ini sendiri terdiri dari Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha Pemerintah Daerah (PPB Pemda) dimana untuk pengisian dilakukan secara Mandiri dan Penilaian yang diberikan oleh Pemangku Kepentingan yaitu dari Provinsi dan Organisasi Pengusaha yang dalam ini diwakili oleh HIPMI.

Adapun untuk penilaian Mandiri berdasarkan dokumen yang di upload pada Aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Investasi/BKPM untuk sementara Kinerja PTSP adalah 88,90 dan PPB Pemda 59,60. Dan Penilaian oleh Provinsi untuk Kinerja Pelayanan Perizinan Berusaha adalah 100 dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha adalah 73. Penilaian Organisasi Pengusaha HIPMI untuk Kriteria Tangible/Tampilan adalah 81, Kriteria Empathy/Empati adalah 81, Kriteria Reliability/Keterandalan adalah 84, Kriteria Responsiveness/Daya Tanggap adalah 81, Kriteria Assurance/Jaminan Kepastian adalah 81 dan Kriteria Total Kinerja adalah 81.

Sekretaris DPMPTSP Muhammad Ikhsan mengatakan hasil penilaian diatas adalah berdasarkan pada dashboard Aplikasi Penilaian Kinerja Kementerian Investasi/BKPM, untuk hasil pastinya kita masih menunggu Verifikasi dan Validasi Final dari Kementerian Investasi/BKPM dan Surveyor Indonesia yang akan berakhir tanggal 27 Juni nanti.

"Untuk penilaian selanjutnya agar dapat lebih baik dan dimaksimalkan lagi. Serta untuk kedepannya kami akan meningkatkan koordinasi dan konsultasi, baik dengan SKPD terkait, dengan Pemda dan Daerah lain maupun dengan Kementerian agar dapat menghasilkan nilai yang maksimal, dengan hasil yang maksimal sangat memungkinkan dapat menarik Investor yang akan menanamkan modalnya di Kabupaten Banjar," pungkasnya. (IP Kab. Banjar/Brigade DPMPTSP/Apri/Heldy).


Komentar