DPMD Gelar Rakor P3MD Kabupaten Banjar Tahun 2021

Martapura,InfoPublik - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Banjar menggelar Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyaraakat Desa (P3MD) Banjar, di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Martapura, Kamis (16/12/2021).

 

Kegiatan Rakor ini dibuka oleh Kepala DPMD Banjar H. Syahrialludin diikuti oleh Tenaga Ahli (TA)  P3MD Kabupaten Banjar, Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) se-Kabupaten Banjar.

 

Dikatakan Syahrialludin pada rakor tersebut, lebih memaksimalkan lagi koordinasi, komunikasi dan Kerja sama antara PD dengan Camat, antara PD dengan Pemerintah Desa, agar semua kegiatan bisa bersinergi dan berjalan dengan baik. Demikian pula pendampingan dalam rangka pencairan dan penyaluran Dana Desa bisa tepat waktu.

 

“Lebih dimaksimalkan lagi pendampingan dalam rangka perencanaan pembangunan desa. Mulai pendampingan penyusunan RPJMDes, RKPDes dan APBDes, dengan harapan Dokumen APBDes bisa disahkan akhir bulan Desember ini, sambil menunggu PMK terbaru,”ujarnya.

 

Syahriall juga menjelaskan terkait dengan terbitnya Perpres No. 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2021, khusus pasal 5 ayat (4), diharapkan kepada para pendamping  agar memberikan pemahaman kepada pemerintah desa sambil menunggu PMK yang akan mengatur secara rinci terkait penggunaan Dana Desa tersebut.

 

“Dalam rangka menumbuhkembangkan BUMDes dan BUMDes Bersama perlu pendampingan dari TA, PD dan PLD agar bisa berjalan lancar dengan hasil yang diharapkan bisa menjadi PAD Desa yang bisa dinikmati oleh masyarakat desa dan menjadi daya ungkit ekonomi desa,”jelasnya.

 

Dalam kesempatan ini juga diserahkan penghargaan oleh Kepala DPMD Banjar H. Syahrialludin yakni kepada

- Robby Suprapto sebagai Terbaik I Pendamping Desa Pemberdayaan Tahun 2021.

- Fahrida sebagai Terbaik II Pendamping Desa Pemberdayaan Tahun 2021.

- Riva Fariah sebagai Terbaik I Pendamping Desa Teknik Infrasetruktur Tahun 2021

- Rudiansyah sebagai Terbaik I Pendamping Lokal Desa Tahun 2021

- Asmah sebagai Terbaik II Pendamping Lokal Desa Tahun 2021.

(IP Kab. Banjar/Brigade DPMD)


Komentar