DPKP Sektor Gambut Amankan Biawak di Rumah Warga

Martapura, InfoPublik - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar sektor Gambut mengamankan seekor biawak di rumah warga Sungai Lulut, kecamatan Sungai Tabuk, Jumat (8/9/2023).


Ari mengatakan saat itu Saniah (Pemilik Rumah) berteriak meminta tolong, ada biawak berkeliaran di rumah miliknya dan membuat pembeli histeris. 


"Saat mengetahui ada biawak tersebut, langsung saya lapor Petugas Damkar," tutur Ari

Kasi Pemadaman, Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banjar Gusti Yudhi mengatakan, info masuk sekitar pukul 13.03 Wita. 

"Saat itu, infonya ada biawak berukuran ± 1,5 meter berada di dalam rumah warga," ujar Yudhi.

Dikatakannya, Tim Damkar Banjar Sektor Gambut langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan penangkapan. Berbekal alat dan kemampuan penyelamatan hewan.

Sesampainya di lokasi biawak sedang berada di dapur. 

"Sampai lokasi biawak berada di dapur dan pintu dapur dikunci sehingga biawak tidak berlarian lagi, selang ±15menit kemudian Petugas Damkar sudah menangkap biawak tersebut, " tutur Yudhi. 

Setelah biawak berhasil diamankan dan nantinya dilepaskan liarkan jauh dari permukiman, tambahnya, petugas memberikan edukasi kepada warga di lokasi agar terhindar dari bahaya binatang. (IP.Kab.Banjar/BRIGADE/DPKP/REGUGAMBUT) 


Komentar