DKPP Banjar dan Polairud Amankan Dua Penyetrum Ikan

Martapura, InfoPublik -  Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Banjar melakukan koordinasi dengan Ditpolair Polda Kalsel terkait laporan masyarakat tentang maraknya penyetruman ikan di perairan Sungai Martapura.

Menindaklanjuti hal tersebut DKPP dan Pokmaswas Kabupaten Banjar Bersama Ditpolairud Polda Kalimantan Selatan melakukan giat malam pemantauan, pengintaian dan penyisiran di sepanjang daerah aliran sungai Martapura tepatnya di wilayah Kecamatan Sungai Tabuk dan Kecamatan Martapura Barat dan telah mengamankan 2 orang penyetrum ikan.

Sementara dari laporan Intel Air Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Kalimantan Selatan, giat unit Siintelair Subdit Gakkum melaksanakan giat penyelidikan tindak pidana illegal fishing atau menangkap ikan dengan menggunakan alat setrum accu) pada Rabu (10/5/2023) pukul 22.00 wita hingga Kamis (11/5/2023) pukul 03.50 wita dinihari.

Petugas berhasil mengamankan 2 orang penyetrum ikan disertai barang bukti 1 buah klotok, alat tangkap setrum accu dan ikan hasil setruman.  Dan selanjutnya pelaku dan barang bukti dibawa menuju Mako Ditpolairud Polda Kalimantan Selatan guna pemeriksaan lebih lanjut.

Kepala DKPP Banjar,  Ahmadi menyampaikan  sesuai dengan tugas dan fungsi pada Seksi Pengawasan Sumber Daya Perikanan Bidang Pengembangan dan Pengawasan Usaha Perikanan mensosialisasikan dan mengimbau kepada masyarakat baik melalui  siaran radio, pemasangan spanduk, pemasangan papan seruan maupun tatap muka langsung dalam kegiatan untuk tidak melakukan Tindakan illegal fishing, melakukan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya ikan yang ramah lingkungan serta selalu menjaga kelestarian  lingkungan.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pengawasan Usaha Perikanan, Muryani Hastuti menambahkan bahwa Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan juga melaksanakan kegiatan pembentukan dan pembinaan pokmaswas yang merupakan kelompok perpanjangan tangan pemerintah untuk melakukan kegiatan pengawasan sumberdaya perikanan di wilayah kecamatan dan desa. (IP Kab. Banjar/Brigade DKPP)


Komentar