Distan Banjar Gelar Sosialisasi Asuransi Usaha Tani Padi

Martapura, InfoPublik - Dinas Pertanian Kabupaten Banjar melalui Bidang Kegiatan Pengendalian dan Penanggulangan Bencana melaksanakan sosialisasi di Aula Distan, Kamis (2/11/2023).

Kegiatan berjalan dengan lancar dan semangat yang dihadiri Kepala Dinas Pertanian Banjar Nashrullah Shadiq, Kepala Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Imelda Rosanty dan PPL se-Kabupaten Banjar.

Distan Banjar Nasrullah Shadiq mengatakan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) memberikan perlindungan kepada petani dari ancaman resiko gagal panen sebagai akibat dari resiko banjir, kekeringan, serangan penyakit dan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).

"AUTP tujuannya adalah memberikan perlindungan kepada petani jika terjadi gagal panen sebagai akibat resiko banjir, kekeringan, dan serangan organisme pengganggu tumbuhan. Mengalihkan kerugian akibat resiko banjir, kekeringan dan serangan OPT melalui pihak lain yakni pertanggungan asuransi," ujar Nasrullah.

Ditambahkan Nasrullah, resiko yang dijamin dalam AUTP meliputi banjir, kekeringan, serangan hama dan OPT. Hama pada tanaman padi antara lain, wereng coklat, penggerek batang, walang sangit, keong mas, tikus dan ulat grayak. 

"Sedangkan penyakit pada tanaman padi antara lain, tungro, penyakit blas, busuk batang, kerdil rumput, dan kerdil hampa. Serangan hama dan penyakit ini akan mengakibatkan kerusakan yang dapat mengakibatkan gagal panen sehingga petani akan mengalami kerugian," tutupnya. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan)


Komentar