Tingkatkan Kebutuhan Pangan, Distan Banjar Tanam Padi Gogo di Paramasan

Martapura, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui  Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar melaksanakan tanam padi gogo bersama Masyarakat Dusun Inpres RT.02 Desa Paramasan Atas, Kecamatan Paramasan, Sabtu (16/12/2023). 

Kepala Distan Banjar Nasrullah Shadiq mengatakan tanam padi gogo ini merupakan bentuk meningkatkan kebutuhan memenuhi pangan di wilayah Paramasan, khusunya juga Kabupaten Banjar.

"Alhamdulillah warga sangat antusias bersama-sama menanam padi gogo ini," ucap Nasrullah.

Dijelaskan Nasrullah padi gogo merupakan komoditi dengan berbagai jenis lahan, yaitu lahan sawah, lahan rawa, lahan kering/tegalan/lahan tadah hujan.

"Dukungan varietas unggul baru padi gogo yang memiliki karakteristik tahan cekaman lingkungan, tahan serangan hama penyakit dan memiliki produktivitas yang relatif tinggi dan adaptif di berbagai kondisi lahan Keberhasilan pengembangan padi gogo akan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan produksi beras nasional," jelasnya.

Menurut Nasrullah teknik menanam padi gogo di Desa Paramasan Atas ini dengan cara menanam secara langsung atau tanam benih langsung (tabela). 

"Lahan yang sudah dibuat lubang tanam, kemudian dimasukan benih padi gogo secukupnya pada setiap lubang," tutupnya.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan dari Distan Banjar berupa bibit jeruk, obat untuk hewan dan alat semprotan. (Media Center Banjar/Brigade Distan/Syaripuddin/Man)


Komentar