Disdukcapil Kabupaten Banjar Beri Kemudahan dan Optimalkan Pelayanan Online Di Masa Pandemi Covid-19
Martapura, InfoPublik -
Masyarakat yang hendak berurusan administrasi kependudukan di Kantor Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar di imbau agar
tetap dirumah saja untuk bisa menyelesaikan segala urusan kependudukannya
dengan cara online dan tidak perlu mendatangi kantor Disdukcapil.
Hal ini diberlakukan
kantor Dukcapil Banjar sejak beberapa bulan lalu hingga sekarang dengan tujuan
tidak terjadi penumpukan banyaknya warga, guna memutus mata rantai penyebaran
Covid-19.
Demikian diungkapkan
Kepala Dinas Dukcapil Banjar Azwar saat gelaran Takuni Abah (TABAH) di Radio
Suara Banjar 100,4 fm, di Jalan Pangeran Hidayatullah no 40 Martapura, bersama
host Abah Basith dan co host Utuh Pepen dan anang Ronny, Jumat (26/6/2020)
pagi.
Diakui Azwar meskipun saat
ini pihaknya sudah membuka pelayanan dikantornya, namun pelayanan tersebut
terbatas hanya untuk masyarakat pemula yang sudah menginjak usia 17 tahun, yang
berniat membuat KTP Elektronik, guna melakukan perekaman.
Meski membuka pelayanan
tatap muka, penerapan protokol tetap kesehatan Covid-19 juga diberlakukan
dengan membatasi jumlah warga yang datang perharinya sekitar 50 orang saja.
“Jadi yang mau bikin atau
memperbaharui kartu keluarga, akta kelahiran, akta kematian dan sebagainya,
bisa online saja dirumah, dengan cara mendownload aplikasi STAR BANJAR di
playstore gratis, di aplikasi tersebut tersedia beberapa layanan dengan pendaftaran
dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 14.00 siang,” ujarnya.
Azwar menambahkan bagi
warga yang menemui kesulitan melalui aplikasi Star Banjar bisa menggunakan
layanan pesan singkat whatshap di nomor-nomor tertentu. Untuk layanan rekaman
KTP Elektronik 082155846741, untuk akta kelahiran 085754128249, untuk kartu
keluarga 085753555658, untuk pencetakan KTP El yang telah hilang atau ingin
melapor adanya data bermasalah 085654804048.
Di masa pandemi Covid-19
ini Azwar juga meminta maaf kepada masyarakat Kabupaten Banjar karena tidak
bisa melayani warga di beberapa UPT. Pelayanan UPT Kertak hanyar dan Mataraman
dengan terpaksa ditutup, sementara untuk SDMnya kembali ditarik dan
diberdayakan ke kantor Disdukcapil Banjar.
Mantan Sekretaris DPRD
Banjar ini juga mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada terhadap oknum
yang tidak bertanggung jawab yang menawarkan jasanya dengan meminta imbalan.
“Layanan kita semuanya
gratis tidak dipungut bayaran, hanya saja kami menyediakan kurir yang mengantar
dokumen milik warga sampai ketempat tujuan yang harus dibayar dengan biaya
terjangkau” ujarnya.
Sebelum menutup obrolan
santai TABAH, Azwar berharap pandemi Covid-19 ini akan segera berakhir,
sehingga pelayanan dikantor Disdukcapil Banjar akan bisa dilakukan normal
seperti biasanya. (MC Kominfo Kab. Banjar/Fefen/Prs/Mey)