Sambangi Paramasan, Jempol Pelanduk Dukcapil Diserbu Antusias Warga

Martapura, InfoPublik - Warga Kecamatan Paramasan antusias sambut kedatangan Tim Jempol Pelanduk (Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan) yang  melayani mereka selama dua hari, dari Kamis hingga Jumat 27-28 Juli 2023.

Pelayanan adminduk berupa rekam KTP Elektronik, Pembuatan atau perubahan Kartu Keluarga, KIA, Akta Kelahiran serta dokumen kependudukan lainnya tersebut dilaksanakan di halaman dan aula Kantor Kecamatan Paramasan terlaksana berkat koordinasi yang baik antara Disdukcapil Kabupaten Banjar dengan Camat Paramasan dan seluruh jajarannya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar Azwar, turun langsung dalam kesempatan itu menyatakan bahwa banyaknya warga yang sudah menunggu kedatangan Tim Jempol Pelanduk menunjukkan besarnya antusias masyarakat Paramasan.

"Untuk kegiatan kali ini dilaksanakan secara khusus mengingat jarak Paramasan yang sangat jauh dari Martapura atau titik pelayanan adminduk lainnya," ungkap Azwar, Kamis (27/7/2023).

Sementara itu, Camat Paramasan Muhammad Farid menyampaikan terima kasih kepada Disdukcapil Kabupaten Banjar yang sudah bersedia membantu warga Paramasan untuk mendapatkan dokumen kependudukan mereka.

"Semoga pelayanan adminduk seperti Jempol Pelanduk yang langsung mendatangi masyarakat seperti ini dapat dilaksanakan secara berkala di Paramasan karena akan sangat membantu masyarakat yang selama ini terhalang jarak yang jauh ketika hendak mengurus dokumen kependudukan mereka, terlebih sekarang kecamatan sudah tidak lagi memiliki kewenangan untuk membuat dokumen kependudukan seperti dulu," harapnya.

Senada dengan keinginan Farid, lanjut Kepala Disdukcapil Banjar mengungkapkan rencana bahwa pelayanan Jempol Pelanduk di wilayah yang jaraknya jauh dari Martapura seperti Paramasan akan dilaksanakan secara berkala di masa yang akan datang dengan persiapan dan koordinasi yang jauh lebih matang sehingga bisa memberikan pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat.

Menurut Azwar tingginya minat masyarakat Kecamatan Paramasan terhadap pelayanan Jempol Pelanduk  menunjukkan bahwa kesadaran mereka terhadap pentingnya memiliki dokumen kependudukan sudah semakin membaik, hanya saja dikarenakan jarak antara Kecamatan Paramasan dengan titik pelayanan Adminduk yang sangat jauh membuat mereka terkendala ketika hendak mengurus dokumen kependudukan mereka. 

"Karena itulah kehadiran Tim Jempol Pelanduk yang langsung mendatangi masyarakat di Kecamatan Paramasan selama dua hari ini akan menjadi kesempatan yang berharga bagi masyarakat untuk mendapatkan dokumen kependudukan yang menjadi hak mereka selama ini," imbuhnya.

Sementara Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Banjar, Pusaro Rianto yang menjadi koordinator dalam Jempol Pelanduk di Kecamatan Paramasan.

“Semoga masyarakat Paramasan puas terhadap pelayanan adminduk yang kami berikan karena kedatangan kami ke sini semata mata hanya untuk memberikan pelayanan adminduk tanpa harus merepotkan masyarakat dengan datang jauh - jauh ke Martapura," tutupnya. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdukcapil)


Komentar