Disdik Banjar Gelar Workshop IKM, Desain P-5 dan Digitalisasi Pendidikan

Martapura, InfoPublik - Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Ikatan Guru Kelas (IGK) PGRI Kabupaten Banjar melaksanakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka, Mendesain P-5 dan Digitalisasi Pendidikan, di Aula KH. Kasyful Anwar Disdik Banjar, Martapura, Rabu (6/9/2023).

Ikatan Guru kelas (IGK) Asosiasi Profesi keahlian sejenis (APKS) PGRI Kabupaten Banjar gelar workshop Pendidikan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan tema desain P-5 (Projek Penguatan Profil Pancasila) dan Digitalisasi Pembelajaran. Hampir semua sektor di era industry 5.0 ini sudah melakukan digitalisasi yaitu dengan memanfaatkan kecanggihan tekhnologi informasi, hal itu juga yang dilakukan di sektor pendidikan. 

Di era Merdeka Belajar, kebijakan yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek ini mendorong agar kita semua dapat membangun kolaborasi melalui berbagai sarana dan fasilitas. Salah satunya fasilitas digital yang dapat digunakan sebagai sumber belajar, saran belajar serta dapat mengakses informasi yang akan membantu kita dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. 

Plh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Taslam Muzakiah mengatakan, menyambut baik dan positif kegiatan ini dengan ikut aktif memajukan pendidikan di Kabupaten Banjar, bahwa Kurikulum Merdeka berfokus kepada siswa jangan sampai para pendidik terjadi miskonsepsi tentang Kurikulum Merdeka agar anak diberikan ruang untuk berkembang sesuai potensi seperti anak yang gemar berolahraga.

"Bakat minatnya yang luar biasa maka peran guru harus memfasilitasi potensi anak dan harus dikembangkan," ujar Taslam. 

Ketua Panitia Pelaksana Aserani Muhti menyampaikan, bahwa program Workshop IKM ini tidak terfokus di Ibu kota Kabupaten, akan tetapi TIM percepatan IKM Disdik Banjar siap turun ke KKG di Kecamatan-Kecamatan untuk menyampaikan praktik baik pembelajaran dengan kurikulum Merdeka. 

Pada kegiatan ini animo peserta luar biasa, dari target 150 orang sampai ditutup link pendaftaran jumlah peserta sebanyak 191 orang. Narasumber berasal dari BPMP Provinsi Kalimantan Selatan, Kasi Kurikulum dan Penilaian H. Suriansyah. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar