Disdik Banjar Gelar Seminar Parenting PAUD

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka hari jadi Kabupaten Banjar yang ke-72 Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar melalui bidang Paud PNF/kesetaraan menggelar Seminar Parenting Pendidikan Anak Usia Dini di Aula KH. Kasyful Anwar Disdik Banjar, Rabu (27/7/2022).


Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 60 tahun 2013 tentang pengembangan Anak Usia Dini holistik Integritas, menjelaskan bahwa pengembangan anak usia dini holistik integritas adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegritasi.


Guna memberikan informasi kepada orang tua tentang pentingnya peran orang tua dan pendidikan terutama berhubungan dengan tumbuh kembang anak usia dini dan untuk meningkatkan kreatifitas pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini dalam pengelolaan pemberian makanan tambahan atau makanan sehat dan meningkatkan kemampuan berbahasa dan kecerdasan emosional anak. 


Plt kepala Dinas Pendidikan Liana Penny mengatakan program pengembangan anak usia dini holistik integratif menjadi tanggung jawab semua pihak, sedangkan pembinaan satuan PAUD menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan. 


Dikatakannya, Pada kegiatan ini kami juga mengundang narasumber dari pihak terkait seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana untuk memberikan materi pada seminar Parenting Paud ini. 


Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Bunda Paud Kabupaten Banjar Hj. Nurgita Tyas mengatakan perlu bersama sama bergandeng tangan untuk memajukan Kabupaten Banjar bukan hanya memikirkan kemajuan 1 atau 5 tahun tapi 30 tahun akan datang. 


"Perlu perhatian khusus untuk anak anak Usia Dini, dari makanannya, Gizinya, tumbuh kembang anak dan menanamkan akhlak mulia pada anak karena daya rekam anak sangatlah kuat sehingga akan diingatnya sampai tua nanti. diharapkan kepada orang tua agar bisa menanamkan 3 Kata Sakti pada anak, yaitu, Tolong, Terima kasih, dan maaf," ungkap Nurgita.


Dalam acara ini juga dilaksanakan lomba pemberian makanan tambahan bagi anak usia dini, diisi juga dengan Permainan edukatif bagi anak anak, Penampilan badut dan pengenalan literasi bagi anak anak Paud melalui dongeng dari Bunda Enik dari Kampung Dongeng Kalimantan Selatan.


Diikuti 100 orang tua murid, 22 guru Paud yang mengikuti lomba pemberian makanan tambahan bagi anak usia dini dan 100 peserta didik Paud lomba mendongeng. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar