Disdik Banjar Gelar Lomba Calistung Bagi Sekolah Dasar

Martapura, InfoPublik - Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar melalui Bidang Pembinaan Sekolah Dasar melaksanakan Lomba Membaca, Menulis, dan Berhitung, di Aula KH Kasyful Anwar Disdik Banjar, Selasa (9/5/2023).

 

Bidang Pembinaan Sekolah Dasar melaksanakan lomba Membaca, menulis dan berhitung (Calistung) bagi anak Sekolah Dasar kelas bawah 1,2 dan 3.Calistung sendiri merupakan kegiatan belajar yang berkaitan dengan penguasaan baca, tulis dan hitung.

 

Calistung merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai anak yang telah menginjak Sekolah Dasar (SD). Bidang Pembinaan Sekolah Dasar rutin setiap tahun melaksanakan lomba Calistung bagi kelas bawa yaitu 1,2 dan 3 yang mana telah dilaksanakan di setiap Koordinator pendidikan wilayah dikecamatan.

 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Hj, Nane Andriande menyampaikan membaca menulis dan berhitung atau calistung termasuk salah satu kemampuan kognitip yang perlu dikuasai anak anak. Oleh karenanya banyak orang tua yang ambisius mengajarkan anak mereka sedini mungkin untuk menguasai calistung sebagai persiapan sebelum masuk ketahap sekolah.

 

Tapi perlu diingat bahwa proses mempersiapkan belajar calistung cukup kompleks banyak aspek yang harus benar benar matang , termasuk kesiapan anak itu sendiri,” ungkap Nane.

 

Kegiatan ini diikuti sebanyak 106 peserta terdiri dari 14 Koordinator Pendidikan wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar