Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Sekitar Geosite di Aranio

Martapura, InfoPublik - Mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan. Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Sosialisasi Pengembangan Sadar Wisata dan Potensi Masyarakat Destinasi Wisata di Sekitar Geosite.

Kegiatan ini diikuti masyarakat dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Tiwingan Lama dan Tiwingan Baru kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Selasa (18/7/2023).

Plt Kepala Disbudporapar Kabupaten Banjar Irwan Jaya selaku pemateri bahwa pentingnya pengembangan sadar wisata dan potensi masyarakat destinasi wisata di sekitar geosite.

"Dengan adanya analisis geologi lingkungan dapat memberikan manfaat di kawasan geopark dan geosite di antaranya mengurangi resiko bencana, memaksimalkan kenyamanan berkehidupan dan berwisata, serta mendukung pembangunan berkelanjutan  untuk memuliakan warisan bumi," terangnya.

Menurutnya, Geopark itu sendiri dapat memberikan manfaat diberbagai aspek yaitu Lingkungan (Konservasi sumber daya alam dan pembangunan berkelanjutan), Ekonomi (pembangunan dan pertumbuhan wilayah) dan Sosial budaya (konservasi budaya dan edukasi).

Irwan menambahkan, pentingnya Konsep Sadar Wisata dengan adanya partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di suatu tempat/wilayah.

"Untuk mencapai tujuan pembangunan pariwisata memerlukan dukungan penciptaan iklim dan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan serta dukungan peran dan partisipasi masyarakat serta stakeholders terkait dalam pengembangan pariwisata," pungkasnya.  (IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar)


Komentar