Ratusan Pelajar di Kabupaten Banjar Ikuti Seleksi Gita Bahana Nusantara 2023

Martapura, InfoPublik - Sebanyak 127 pelajar ikuti seleksi Gita Bahana Nusantara (GBN) yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar, di Aula Kantornya, Martapura, Senin (13/2/2023).

Adapun pelajar yang mengikuti seleksi dari SMA, SMK sederajat di Kabupaten Banjar.

Kepala Disbudporapar Banjar Haris Rifani berharap para peserta yang sudah terpilih dan mewakili Kabupaten Banjar untuk selalu berlatih dalam menghadapi seleksi di tingkat Provinsi sehingga bisa masuk ke tingkat nasional dan bisa membawa nama Kabupaten Banjar ke Istana Negara.

Kabid Kebudayaan Tisnohadi harimurti menjelaskan GBN merupakan paduan suara untuk mengiringi upacara HUT RI di Istana Negara, dimana anggotanya berasal dari para pelajar di berbagai daerah Indonesia dan dengan pelaksanaan seleksi GBN di Kabupaten Banjar ini diharapkan siswa/siswi yang terpilih dapat mewakili daerah ke tingkat provinsi hingga ke tingkat nasional.

"Teknis dari pelaksanaan seleksi GBN 2023 di Kabupaten Banjar ini yaitu satu persatu peserta diminta menyanyikan salah satu judul lagu dari sepuluh pilihan Lagu Nasional yang telah ditentukan. Dari 127 peserta yang mengikuti seleksi kemudian dipilih sebanyak dua orang siswa dan dua orang siswi yang akan mewakili Kabupaten Banjar ke Provinsi Kalimantan Selatan," papar Tisnohadi.

Adapun siswa/siswi yang terpilih untuk mewakili Kabupaten Banjar di tingkat Provinsi yaitu Muhammad  Royani Rahman dari SMAN 1 Karang Intan, Muhammad Syauki dari SMAN 2 Martapura, Dede Gelisetiawati dari SMA Banua dan Nabila Azzahra dari SMAN 2 Martapura.

Seleksi GBN ini dihadiri Kasi Kesenian Hj. Maghrisya. Selain itu dihadiri juga oleh dewan juri yaitu Akhmad Gunawan, Hj. Endang Sri Hastuti dan Gusti Abdul halim. (IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar)


Komentar