Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Disbudporapar Banjar Siap Promosi Paket Wisata

Martapura, InfoPublik - Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar melalui Bidang Destinasi menggelar Sosialisasi Pembuatan Paket Wisata, di Aula Kantornya, Martapura, Rabu (29/3/2023).

Kepala Disbudporapar Banjar Haris Rifani menyampaikan bahwa Paket Wisata adalah salah satu cara promosi dalam rangka untuk meningkatkan kunjungan  wisatawan dengan menyajikan paket meliputi tiket masuk, akomodasi, transportasi, makan minum dengan harga yang terjangkau oleh pengunjung.

"Dengan adanya paket wisata diharapkan akan memberikan kenyamanan bagi pengunjung dan keuntungan untuk pengelola destinasi wisata. Yang secara otomastis  akan berdampak pada perekonomian  penduduk di sekitar objek wisata," ujar Haris.

Menurut Haris, hal ini akan mendorong perekonomian masyarakat dalam kepariwisataan daerah. Harapan dengan adanya kegiatan ini para pelaku pariwisata lebih mengetahui dan mengerti tentang peran penting pembuatan paket wisata.

"Oleh karena itu diharapkan kepada para peserta yang mengikuti kegiatan ini semakin bertambah wawasannya dan dapat segera menindaklanjuti hasil dari Kegiatan Sosialisasi Pembuatan Paket Wisata kali ini," harap Haris.

Sementara, Kasi Kemitraan dan Tanda Daftar Usaha Pariwisata Apri Suharto mengatakan sosilaisasi ini merupakan program Bidang Destinasi untuk kegiatan Peningkatan Daya Tarik Wisata Kabupaten/Kota. 

"Jumlah peserta sebanyak 40 orang berasal dari pelaku usaha pariwisata dan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) yang ada di Kabupaten Banjar," ucap Apri.

Dengan adanya sosialisasi ini, Apri berharap akan saling mengenal antara penggiat pariwisata dengan dengan Asosiasi Pariwisata (ASITA) sehingga terbentuk hubungan yang saling menguntungkan, dapat berkolaborasi antar pengelola objek wisata, pemandu, penyedia jasa transportasi dan penyedia jasa akomodasi dalam rangka mendukung pariwisata yang ada di Kalimantan Selatan khususnya di Kabupaten Banjar.

Pada kegiatan ini dihadiri Sekretaris H. Muhammad Arsyad, Kabid Destinasi H. Irwan Jaya, Kabid Kebudayaan Tisnohadi Harimurti, Kabid Pemasaran Badiā€™ah, Kabid Olahraga Masrani dan Kabid Pemuda Noor Syawli Syahri.

Adapun Narasumber dalam sosialisasi tersebut yaitu H. Irwan jaya dari Disbudporapar, Faisal Amir dari Dinas Pariwisata Provinsi Kal-Sel, dan Dewi Setiawati dari Asosiasi Pariwisata (ASITA). (IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar)


Komentar