Puluhan Kader Posyandu, PKK dan Aparat Desa Ikuti Bimtek Keamanan Pangan

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melalui Bidang Kesehatan Masyarakat Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga menggelar Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan, di Hotel Delima Jl. A. Yani KM.7 Kertak Hanyar, Kamis (11/5/2023).

Kegiatan tersebut diikuti peserta dari 30 Kader Posyandu, Kader PKK, Aparat Desa di 10 Desa kriteria yang ditentukan, yaitu : 30% dari daerah / desa lokus stunting.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Rusmiati Agustina mengatakan sesuai dengan amanat UU No. 18 tahun 2012 tentang Pangan bahwa negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi Pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang, baik pada tingkat nasional maupun daerah hingga perseorangan secara merata di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Untuk itu Dinas Kesehatan Melalui  laksanakan Kegiatan  Program Kader Keamanan Pangan merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan," tutur Rusmiati.

Menurutnya, salah satu strategi untuk mencapai tujuan tersebut pelatihan kader kemanan pangan untuk menjadi agent keamanan pangan di komunitasnya.

"Pelatihan Bimtek Kader Keamanan Pangan merupakan kegiatan untuk membekali kemampuan kader tentang keamanan pangan. Pelatihan kader ini penting dilakukan untuk meningkatkan  kompetensi sehingga kader dapat memberikan sosialisasi keamanan pangan pada komunitas di lingkungan tempat tinggalnya," jelas dia.

"Adanya kader keamanan pangan diharapkan dapat membantu kapasitas individu dalam masyarakat untuk mengadopsi praktik keamanan pangan yang baik," harap dia.

Adapun selaku pemateri Hj. Irmawati dan Narasumber juga berasal dari dari UPT Badan POM. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar