Dinkes Banjar Launching Imunisasi HPV di SMIH Martapura

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melaksanakan Launching Introduksi imunisasi Human Papiloma Virus (HPV) di Sekolah Madrasah Ibtidayah Hidayatullah (SMIH) Martapura, Selasa (8/8/2023).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Seger mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kesediaan serta kerja sama dari Kepala Sekolah SMIH, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Banjar, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), WHO, Kepala Dinsos P3AP2KB, kepala Bidang Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dan Kepala Puskesmas Kabupaten Banjar  yang dapat berhadir dalam kegiatan ini. 

Ia juga menegaskan betapa pentingnya imunisasi HPV  upaya mencegah timbulnya penyebab utama kanker serviks. Vaksin HPV adalah vaksin wajib program imunisasi nasional. Untuk mempercepat pencapaian target eliminasi kanker serviks, tahun ini akan diberikan secara merata di 34 Provinsi di Indonesia.

"Untuk kehalalan imunisasi berpegang pada Fatwa MUI NO.4 tahun 2016 (tentang imunisasi) dan berkaca pada negara maju yang telah melaksanakan imunisasi. Sasaran imunisasi anak yang bersekolah non formal dan anak perempuan  usia kelas 5 SD/MI serta yang tidak bersekolah dengan usia 11 tahun (dosis pertama) dan 12 tahun (dosis kedua) Dengan dilaksanakannya Launching introduksi imunisasi Human Papiloma Virus (HPV) pada hari ini dan kedepannya dapat berjalan dengan aman,lancar dan sukses," jelasnya.

Kepala Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar mendukung sepenuhnya terhadap Pelaksanaan imunisasi HPV di sekolah. Dengan meminta kepada Kepala Sekolah untuk mensosialisasikan kegiatan Launching vaksin baru yaitu imunisasi HPV bagi anak sekolah dasar / Madrasah Ibtidayah tersebut. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes) 


Komentar