Dinkes Laksanakan Bimtek di Dua UPTD Puskesmas Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melalui Bidang Sumber Daya Kesehatan, Seksi Fasilitas Kesehatan, dan Seksi Farmasi dan Alat Kesehatan kunjungan Bimbingan Teknis di Puskesmas Pengaron dan Puskesmas Sungai Pinang, Kamis (23/2/2023).

kunjungan ini di pimpin oleh Kepala Bidang SDK Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dr. Widya Wiri Utami, MPH dan Kepala Seksi Falmalkes Marzuki, SKM beserta beberapa Staf Faskes dan Falmakes.

Adapun tujuan dari Bimbingan Teknis ini adalah selain program yang sudah di atur oleh kedinasan Membantu Program Pemerintah Untuk Mensosialisasikan Peraturan – Peraturan/ Perundang Yang Berlaku, juga yang paling penting adalah membantu memfasilitasi UPTD Puskesmas untuk menerima masukkan-masukkan yang bersifat perbaikan dan kemajuan untuk puskesmas itu sendiri terutama dalam hal Fasiltas-fasiltas Kesehatan baik berupa bangunan maupun alat kesehatan, kefarmasian juga standar pelayanan Puskesmas.

Selain itu maksud dari bimtek ini juga adalah untuk menggali permasalahan-permasalahan yang ada kemudian dari permasalahan itu akan di cari solusi/pemecahan bersama.

Dari hasil Bimtek di UPTD Puskesmas Pengaron didapat permasalahan dari Farmasi dan alat kesehatan di sana yaitu untuk keadaan ruangan apotek dan Laboratorium yang masih kecil/sempit, untuk dental unit yang ada di ruang poli gigi perlu perbaikan karena ada kerusakan, perlu pembenahan struktur ruangan, serta perlu di tertibnya prosedur/penanganan khusus obat-obatan baik secara pencatatan, laporan bulanan dll. 

Untuk ketenagaan/SDM nya sudah mencukupi syarat. Sedangkan di UPTD Puskesmas Sungai Pinang Permasalahan juga cukup banyak, seperti laporan-laporan yang belum punya fasilitas seperti Bantek dll, Kartu stok belum tersedia.

Sedangkan dari Fasiltas Kesehatan dari kedua Puskesmas yang didatangi adalah perlu adanya tertib pencatatan fasiltas-fasiltas kesehatan yang baik menggunakan Aplikasi Sarana dan Prasarana Alat Kesehatan (ASPAK) merupakan  sebuah aplikasi untuk membantu penyusunan perencanaan yang bermutu, baik di tingkat Dinas kesehatan kabupaten/kota maupun untuk rumah sakit dan Puskesmas. 

ASPAK  dapat menjadi sebuah rujukan dalam perencanaan yang baik untuk pemenuhan sarana, prasarana dan alat kesehatan melalui ketersediaan data ataupun informasi yang valid, terbaru dan tepat waktu. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar