Peringati Hari Hipertensi, Dinkes Banjar Gelar Pemeriksaan Kesehatan

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Gelar Peringatan Hari Hipertensi dengan kegiatan Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular dan Pemeriksaan  IVA dan SADANIS, di halaman Kantornya, Jumat (19/5/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena penyakit tidak menular (Hipertensi), penyakit kanker serviks dan kanker payudara atau memiliki faktor risiko sehingga dengan diketahuinya faktor risiko secara dini maka pencegahan dan pengendalian penyakit tersebut dapat dilakukan.

Kepala Seksi P2PTM dan Keswa, Candra Galuh Tri Ardiani, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk Posbindu Khusus dimana semua peserta dilakukan skrining Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular  yaitu pemeriksaan antropometri, tekanan darah dan  ditambah dengan pemeriksaan gula darah serta pemeriksaan IVA dan SADANIS.

"Adapun Tema Nasional Hari Hipertensi ini adalah “ Cegah dan Kendalikan Hipertensi untuk Hidup Sehat Lebih Lama” kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan pencegahan dan pengendalian Hipertensi serta memberikan edukasi tentang pentingnya deteksi dini dan pengobatan hipertensi serta komplikasi nya agar terkontrol untuk menurunkan risiko kesakitan dan kematian akibat Hipertensi," ujar dia 

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, Candra Galuh berharap dapat menjadi upaya promosi kesehatan dan edukasi bagi masyarakat untuk pencegahan dan pengendalian secara dini penyakit tidak menular khususnya Hipertensi, kanker serviks, kanker payudara dan penyakit  tidak menular lainnya.

Hadir pada kegiatan ini Kepala Dinkes Banjar drg. Yasna Khairina dan seluruh staf karyawan Dinkes Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar