Dinkes Banjar Distribusikan Bantuan Makanan Tambahan Protein Hewan

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehetan Provinsi Kalimantan Selatan menyerahkan bantuan Makanan Tambahan Protein Hewani Untuk Balita Stunting dan Underweight Dalam Upaya Percepatan penurunan stunting di Kabupaten Banjar, di Aula Dinkes Banjar, Kamis (16/11/2023).

 

Usai diberikan bantuan tersebut langsung didistribusikan Dinkes Banjar ke beberapa kecamatan dengan berkoordinasi kepada para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Banjar dan para Lurah serta Pambakal.

 

Kepala Dinkes Banjar drg. Yasna Khairina mengatakan dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan melalui APBD Perubahan Tahun 2023 melaksanakan Pemberian Makanan Tambahan Protein Hewani untuk balita stunting dan underweight usia 6-23 bulan ke Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan.

 

“Balita dengan indeks antropometri PB/U <-2 standar deviasi) dan balita underweight (balita dengan indeks antropometri BB/U <-2 standar deviasi) usia 6-23 bulan yang di usulkan untuk menerima pemberian makanan tambahan protein hewani berupa telur sesuai jumlah sasaran Kabupaten Banjar 1.500 balita stunting dan 1.205 balita underweight yang tersebar 277 desa dan 13 kelurahan. Dimana dalam pemberian telurnya balita stunting atau underweight memndapatkan telur sebanyak 5 Kilogram/ 75 Biji telur perorang sesuai sasaran,” jelasnya.

 

Ditambahkan Yasna, untuk meningkatkan konsumsi protein hewani bagi balita stunting dan underweight dalam penurunan stunting serta peran serta pemerintah khususu kecamatan,puskesmas dan desa membantu mendistribusikan telur ke sasaran balita stunting dan underweight di wilayah kerja masing-masing. 

 

Peningkatan peran serta berbagai pihak di Kabupaten Banjar dalam pengawasan penurunan stunting. Kegiatan ini akan menjadi  proyek percontohan bagi daerah lain sebagai salah satu inovasi upaya penurunan stunting,” tutupnya. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar