Enam Kecamatan Jadi Percontohan Program Keluarga SIGAP

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar meluncurkan Program Keluarga SIGAP di Hotel Aston Banua, kecamatan Gambut, Kamis (21/9/2023).

Kegiatan ini dibuka langsung Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas.

Program Keluarga SIGAP, sebuah program yang menyasar  kepada orang tua dengan anak usia 0-24 bulan pelaksanaan Pilotnya, diluncurkan hari ini di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Adapun tiga perilaku yang dipromosikan melalui program ini adalah: imunisasi rutin lengkap dan tepat waktu, cuci tangan dengan sabun serta makanan bergizi dan cemilan sehat.

“Kami telah menyelesaikan tahap awal program ini, yaitu tahap formatif, tahun lalu. Tahun ini, kami siap melakukan tahap uji coba atau pilot, di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor di Jawa Barat dan Kabupaten Banjar di Kalimantan Selatan, “ ujar Ardi Prastowo, Team Leader Program Keluarga SIGAP.

Nurgita Tiyas mengatakan kami merasa senang mendapat kesempatan menjadi lokasi pelaksanaan pilot Program Keluarga SIGAP.

Ia menambahkan, dalam hal tumbuh kembang anak, Kabupaten Banjar telah mampu menorehkan prestasi dengan menurunnya angka stunting dari 40,2 persen menjadi 26,4 persen berdasarkan hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2022. 

Ditegaskan bahwa apa yang telah dicapai merupakan bukti nyata bahwa kemitraan dan sinergi dengan berbagai pihak merupakan kunci keberhasilan dalam menjalankan sebuah misi. 

“Kami berharap akan  belajar banyak tentang program-program terkait dengan peningkatan kualitas kesehatan para Baduta, dari Program Keluarga SIGAP,” tegasnya.

Senada dengan Ketua TP PKK, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, drg. Yasna Khairina menegaskan bahwa adanya Program Keluarga SIGAP yang merupakan inisiatif pihak swasta memberikan banyak dukungan pada cakupan program-program kesehatan. 

“Begitu luas dan tersebarnya pemukiman di Kabupaten Banjar ini memberikan tantangan tersendiri bagi kami dalam memberikan layanan kesehatan, terutama dalam hal promosi kesehatan. Karenanya, kami berharap Program Keluarga SIGAP mampu menjadi perpanjangan tangan kami dalam menjangkau masyarakat, khususnya para orang tua baduta,” terangnya

Program Keluarga SIGAP didanai oleh tiga organisasi global: Gavi – the vaccine alliance, Unilever dan the Power of Nutrition dan diimplementasikan oleh GroupM, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media dan pemasaran. Pelaksanaan uji coba program ini akan dilakukan di enam kecamatan di Kabupaten Banjar: Martapura, Martapura Timur, Astambul, Simpang Empat, Sungai Tabuk dan Aluh-aluh dan mencakup delapan Puskesmas. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar