Dinkes Banjar Laksanakan Workshop Kader Posbindu PTM

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar Workshop Kader Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) yang berlangsung dari 13 - 14 Juni 2023 di Aston Banua Hotel kecamatan Gambut.

 

Melalui Bidang P2P dari  Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (P2PTM dan Keswa) dihadiri oleh 9 (sembilan) Ketua TP PKK Kecamatan, 11 orang Ketua TP PKK Desa, 11 Orang pengelola PTM, 11 orang bidan Desa dan 58 orang kader posbindu di wilayah Kabupaten Banjar.

 

Sekretaris Dinkes Banjar H. Gusti M. Kholdani menyambut baik acara ini bahwa kader ini sebagai ujung tombak dalam mendeteksi penyakit tidak menular dan melalui acara ini diharapkan kader posbindu PTM bisa lebih aktif lagi dalam kegiatan skrining PTM karena penyakit tidak menular (PTM) ini merupakan penyakit yang tidak bergejala dan tidak memiliki tanda klinis sehingga menyebabkan setiap individu tidak menyadari kondisi sejak awal.

 

Kholdani juga mengatakan ucapan terima kasih atas partisipasi dan kesediaan serta kerja sama dari seluruh kader posbindu yang dapat berhadir dalam kegiatan ini.

 

Pada kegiatan ini, peserta yang hadir mendapatkan materi dan praktik langsung mengenai standard Pelayanan Kesehatan dalam kegiatan posbindu PTM dan materi tentang cara pencatatan dan pelaporan kegiatan posbindu PTM (Aplikasi ASIK).

 

Dengan tujuan Melakukan Pembinaan dan pelatihan kepada kader posbindu agar setelah kegiatan ini peserta mampu memahami konsep posbindu dan kader mampu menerapkan hasil pelatihan dilapangan serta kader posbindu dapat melakukan pencatatan dan pelaporan kegiatan Posbindu PTM dalam Aplikasi ASIK. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar