Dinkes Banjar Laksanakan Supervisi Posyandu/Desa Siaga Tingkat Kalsel 2023

Martapura, InfoPublik - Pada Selasa (23/5/2023) bertempat di Balai Desa Madurejo Kecamatan Sambung Makmur telah di laksanakan 2 (dua) kegiatan, Kegiatan tersebut berupa Supervisi UKBM/Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat yaitu Posyandu dan Desa Siaga Aktif Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2023 kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan yang mana.

Maksud tujuan Kegiatan ini adalah utk memantau sejauh mana keaktifan Posyandu di salah satu desa yg ada di kab Banjar dan mengetahui kendala serta permasalahan yg ada dalam pelaksanaan kegiatan UKBM melalui diskusi bersama stakeholder dan  lintas sektor sektor terkait.

Dan pada prinsipnya untuk kegiatan Posyandu dan UKBM lainnya  semua sudah didanai oleh desa dengan menggunakan dana desa, baik berupa insentif kader, maupun penyediaan PMT Rutin pada setiap pelaksanaan Posyandu selain itu untuk desa madurejo dalam proses melaksanakan rehab Poskesdes. 

Pokjanal Posyandu Tingkat kecamatan juga sudah terbentuk dan mulai melaksanakan kegiatan-kegiatan guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan posyandu salah satunya bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Sambung Makmur untuk melaksanakan peningkatan kapasitas kader. 

Untuk Desa Siaga Aktif Desa madurejo sudah memiliki indicator seperti Ambulans, Kelompok donor darah, organisasi kemasyarakatan yang berperan dalam peningkatan derajat kesehatan. Pada kesempatan ini juga dilaksanakan kegiatan pelayanan posyandu, pemeriksaan kesehatan dan pemberian imunisasi pada bayi dan balita.yang di sambut antusias oleh warga

Kegiatan ini dihadiri Sarwani dari DPRD Kab Banjar, Sekcam, Pembakal desa Madurejo dan desa Baliangin, Para kader Posyandu, Tim Penggerak PKK Kecamatan dan desa, Kepala Puskesmas Sambung Makmur dan jajarannya, Danramil, perwakilan dari Polsek, KUA, MUI , dan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar di hadiri oleh dr. Widya Wiri Utami, MPH selaku Kabid Kesmas bersama tim. 

Dari Dinkes provinsi Kalsel dihadiri oleh Hendra selaku penyuluh kesehatan yang juga melaksanakan supervisi UKBM. Dalam Kegiatan ini ada 2 Narasumber yang menyampaikan Supervisi yaitu Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar