Puluhan Kader Posbindu UPTD Puskesmas Karang Intan 2 Ikuti Refreshing PTM

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar Refreshing Kader Posbindu PTM ini dilaksanakan di Aula UPTD Puskesmas Karang Intan 2, Kamis (15/6/2023).

 

Kegiatan tersebut diselenggarakan Bidang P2P Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar ( P2PTM dan Keswa ) diikuti 40 (lima orang kader posbindu yang ada di wilayah UPT Puskesmas Karang Intan 2 yang terdiri dari  Petugas Pengelola Program PTM UPT Puskesmas karang Intan 2 dan Kader Posbindu PTM Wilayah Kerja UPT Puskesmas Karang Intan 2.

 

Sekretaris Dinkes Banjar H. Gusti Muhammad Kholdani mengatakan kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader tentang standar pelayanan Kesehatan yang dilakukan pada Posbindu PTM dan juga untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam hal pencatatan dan pelaporan kegiatan Posbindu PTM ( Aplikasi ASIK ).

 

Terima kasih atas partisipasi dan kesediaan serta kerja sama dari seluruh kader posbindu yang dapat berhadir dalam kegiatan ini,” ucap Kholdani.

 

Kholdani juga menegaskan betapa pentingnya peran kader sebagai ujung tombak pelaksanaan Posbindu PTM dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

 

Pada kegiatan refreshing kader posbindu ini, peserta yang hadir mendapatkan materi dan praktik langsung mengenai standar pelayanan Kesehatan dalam kegiatan Posbindu PTM dan materi tentang cara pencatatan dan pelaporan kegiatan posbindu PTM oleh Candra Galuh Tri Ardiani beserta staf.

 

Candra Galuh berharap dengan demikian seluruh kader yang hadir mampu memberikan pelayanan kesehatan sesuai standar pelayanan posbindu PTM dan dapat menjadi contoh (Role Model) bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Karang Intan dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular (PTM).

 

Kader juga diharapkan mampu memberikan penyuluhan dan motivasi agar perlahan dapat merubah perilaku masyarakat yang sudah terkena PTM sehingga penyakitnya dapat terkendali dengan rutin memeriksakan diri dan hidup penderita lebih berkualitas,” tutup Candra. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar