Peningkatan Kapasitas Bidan Desa Kelas Ibu Balita Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Bidan di Desa dalam Pelaksanaan Kelas Ibu Balita Tingkat Kabupaten Banjar Tahun 2023, di aula Kesbangpol Banjar, Senin (12/6/2023).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dr. Widya Wiri Utami mengatakan kelas ibu balita ini merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan balita terutama kesehatan bayi.

"Karena angka kematian bayi (AKB) merupakan angka kematian tertinggi atau 2/3 angka kematian anak. Kelompok bayi terkait dengan banyak program lain, seperti gizi, menyusui eksklusif, imunisasi, serta merupakan kelompok yang paling rentan dan sangat bergantung pada keluarga," jelas Widya saat membuka kegiatan.

Menurut Widya sebagian besar keluarga memiliki pengetahuan kesehatan bayi yang masih sangat rendah termasuk mitos dan budaya yang keliru tentang perawatan bayi dalam keluarga dan masyarakat.

"Tujuannya untuk meningkatkan implementasi materi kesehatan Ibu dan Anak yang terdapat dibuku KIA melalui penyelenggaraan kelas ibu balita," ungkap dia.

Selaku narasumber Pengurus Daerah IBI Provinsi Kalimantan Selatan, Rusmiati Agustina berharap kegiatan ini meningkatnya kapasitas bidan di desa dalam implementasi pelaksanaan kelas ibu balita. Pelaksanaan kelas ibu balita terintegrasi dengan dengan BKB, PAUD dan Linsek terkait. Ada laporan hasil kelas ibu balita.

Adapun peserta kegiatan ini bidan di desa yang berjumlah 50 orang berasal dari 25 Puskesmas, masing-masing Puskesmas terdiri dari 2 orang bidan desa. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar